Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Lokal Terhadap Kepuasan Wisatawan Nusantara di Candi Prambanan

Syahrani, Della Shafila (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Lokal Terhadap Kepuasan Wisatawan Nusantara di Candi Prambanan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu LokaTerhadap Kepuasan Wisatawan Nusantara Di Candi Prambanan” bertujuan untukmengetahui pengaruh dan dimensi manakah yang dominan antara variabeindependen yakni Kualitas Pelayanan Assurance (Jaminan), Empathy (Empati),Realibility (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan) dan Tangible (BuktiNyata) dan variabel dependen yaitu Kepuasan Wisatawan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan metode random sampling (secara acak), instrumen yang digunakan adalahkuesioner dengan skala likert. Data tersebut diuji validitas dan reabilitas sertadengan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan software kompute“SPSS 21,0” dengan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan dari uji ANOVA atau F test didapat nilai Fhitung sebesa31,529 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 sedangkan F tabesebesar 1,827 yang berarti bahwa Fhitung (31,529) > Ftabel (2,31). Jadi dapadisimpulkan bahwa variabel independen yakni Kualitas Pelayanan berpengaruhjika diuji secara bersamaan terhadap variabel dependen Kepuasan Wisatawan. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen yakni kepuasan wisatawan secara simultan. Berdasarkanpengujian parsial variabel Assurance (jaminan) memiliki nilai tertinggi sebesa3,516 sedangkan variabel lainnya yaitu Empathy (empati) memiliki nilai terendahyaitu 2,740 dan besar Ttabel yaitu 1,98852. Dengan demikian kelima variabeindependen yakni Kualitas Pelayanan dinyatakan signifikan meskipun tidaksemua variabel memiliki nilai Ttabel yang lebih besar dari 1,98852 dan Ha diterimadan Ho ditolak. Berdasarkan uji determinasi (R ) sebesar 0,607 ini berarti kelimavariabel independen Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap variabel dependen yakni Kepuasan Wisatawan sebesar 60,7% sedangkan sisanya dipengaruhi olehfaktor lain. 2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415100365
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan
Subjects: Tourism > Cultural Tourism
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Cultural Tourism > Temple
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:53
Last Modified: 21 Jan 2022 02:53
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item