Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Candi Ratu Boko

Pratiwi, Intan (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Candi Ratu Boko. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan banyak nya objek wisata candi yang bermunculan dan juga banyaknya wisatawan dari tahun ke tahun yang berkunjung ke Yogyakarta. Semakin bertambahnya objek wisata candi lainnya, ini tentunya mengalami suatu persaingan yang semakin ketat untuk mendapatkan hati para wisatawan untuk berkunjung. Akan tetapi, hal ini akan menjadi pemicu bagi kualitas pelayanan yang diberikan dan akhirnya berdampak pada kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di Candi Ratu Boko mulai Oktober 2018. Data penelitian yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan sampel insidental. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis linier berganda karena variabel yang diteliti lebih dari satu variabel dengan menggunakan SPSS 17.0.. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai koefisien adjusted (R ) sebesar 0.411 diartikan 41.1% wisatawan dianggap puas menggunjungi Candi Ratu Boko yang dipengaruhi oleh variabel Assurance, Emphaty, Reliability, Responsiveness, dan Tangible. Sedangkan sisanya sebesar 58.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar variabel yang diteliti oleh peneliti. Dari hasil F hitung 14.813 ≥ F tabel 2.31 dan secara keseluruhan taraf signifikan < 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil Uji T (parsial) pada coefficient variabel Responsiveness (X4) yang paling berpengaruh, terdapat nilai sig 0.004< 0.05, dengan Thitung 2 >Ttabel (2.950>1.98552) dapat disimpulkan bahwa variabel X4 yaitu Responsiveness memiliki kontribusi dan mempunyai hubungan searah terhadap Kepuasan Wisatawan (Y), jadi dapat disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan ketika menggunjungi Candi Ratu Boko, maka Ha 2 di terima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415100339
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Cultural Tourism > Temple
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:54
Last Modified: 22 Jan 2022 01:54
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item