Analisis Peran Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Sleman

Kurniawan, Nofrian (2019) Analisis Peran Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Sleman. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (705kB)

Abstract

Pariwisata Indonesia terus mengalami perkembangan dan memerlukanperan seluruh stakeholder seperti pemerintah, pengusaha, perguruan tinggi, danmasyarakat untuk mengelola dan meningkatkan pemasaran pariwisata di daerahmelalui kegiatan pemasaran pariwisata daerah. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui peran Dinas Pariwisata Sleman sebagai regulator, motivator, dinamisator, dan fasilitator dalam meningkatkan pemasaran pariwisatadi kabupaten Sleman, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktorpenghambat yang mempengaruhi peran Dinas Pariwisata dalam meningkatkan pariwisata di kabupaten Sleman. Pengumpulan data penelitian ini dilakukanmelalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data danmenarik kesimpulan sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan peran Dinas pariwisata Sleman: 1)sebagai Regulator yaitu melakukan sosialisasi dan memastikan seluruhpelaksanaan kegiatan kepariwisataan di Sleman dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Sleman Nomor 11 Tahun 2015 tentang Rencana IndukPembangunan Kepariwisataan Daerah Tahun 2015-2025. 2) sebagai Motivatoryaitu memotivasi pihak investor wisata untuk meningkatkan investasi wisata di Sleman, memotivasi pihak perguruan tinggi untuk melakukan penelitian melaluistudi banding ke negara-negara lain, memotivasi masyarakat agar semakin sadar terhadap wisata dan mengikutsertakan masyarakat dalam pelatihan peningkatan pengelolaan obyek wisata. 3) sebagai Dinamisator, yaitu memadukan berbagaiunsur kepariwisataan melalui kerjasama dengan seluruh pemangku kepentinganpariwisata di kabupaten Sleman yang sifatnya berkesinambungan dan berkelanjutan. 4) sebagai Fasilitator, yaitu mengupayakan penyediaan fasilitas pendukung wisata berupa peningkatan kualitas sarana dan prasarana di kawasan obyek wisata, memfasilitasi seluruh stakeholder dengan cara melibatkan unsurpemerintah, pengusaha, pihak perguruan tinggi, dan masyarakat dalam eventevent pariwisata. Faktor pendukung yang mempengaruhi Dinas Pariwisata Sleman dalam meningkatkan pemasaran pariwisata meliputi faktor ketersediaan anggaran,kondisi geografis dan keberagaman budaya, ketersediaan sarana dan prasarana,kemitraan dan partisipasi masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalahketerbatasan sumber daya mannusia di Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415100347
Uncontrolled Keywords: Peran Dinas Pariwisata, Pemasaran Pariwisata.
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler
Economy > Marketing
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:33
Last Modified: 24 Jan 2022 03:33
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item