Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Masjid Gede Mataram Kotagede Yogyakarta ( Makam Raja-Raja Mataram )

Hernanda, Rimba (2019) Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Masjid Gede Mataram Kotagede Yogyakarta ( Makam Raja-Raja Mataram ). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh daya tarik wisata terahap minat kunjungan wisatawan di masjid gede mataram kotagede dan faktor mana yang paling dominan mempengaruhi minat kunjungan wisatawan Kotagede Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis mengambil judul Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Di Masjid Gede Mataram Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan faktor daya tarik yang berdimensi Atraksi, Aksesibilitas, dan Fasilitas sebagai variabel independen dan minat kunjungan sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Penulis menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka sebagai instrumen penelitiannya. Responden dalam penelitian ini adalah wisatawan yang hadir pada tradisi Grebeg Gethuk yang terdiri dari 50 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 24.00 for windows. Hasil penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dari responden secara simultan nilai hasil olah data F hitung = 5,910 > F tabel = 4,15 dengan taraf signifikansinya lebih kecil dari α = 0.05, yaitu 0.000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama sama yang signifikan antara dimensi atraksi, aksesibilitas dan fasilitas terhadap minat kunjungan wisatawan. Sedangkan, secara parsial menunjukkan bahwa faktor daya tarik Masjid Gedhe Mataram Kotagede yang memiliki dimensi X1(atraksi), X2(aksesibilitas), dan X3(fasilitas) dengan hasil nilai olah data yaitu nilai t hitung pada variabel X1(atraksi) ialah 2,857 > 2347, lebih besar dari t tabel. Nilai signifikan X1 ialah 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, sehingga bisa disimpulkan bahwa atraksi berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan. Nilai t hitung pada variabel X2(aksesibilitas) ialah 2.214 > 1.988, lebih besar dari t tabel. Nilai signifikan X2 ialah 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, sehingga bisa disimpulkan bahwa aksesibilitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan. Nilai t hitung pada variabel X3(fasilitas) ialah 2.257 > 1.988 lebih besar dari t tabel. Nilai signifikan X3 ialah 0.026 lebih kecil dari α = 0.05, sehingga bisa disimpulkan bahwa fasilitas mempengaruhi minat kunjungan wisatawan. Dengan demikian didapatkan hasil yaitu ketiga daya tarik wisata memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan. Dan diantara ketiga dimensi daya tarik wisata tersebut yang paling berpengaruh terhadap minat kunjungan wisatawan adalah dimensi Atraksi. Selanjutnya hasil Adjusted R Square sebesar 0.231 yang artinya besar pengaruh dimensi atraksi, aksesibilitas dan fasilitas terhadap minat kunjungan sebesar 32,1%, dan sisanya 76,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415100354
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata (Atraksi, Aksesibilitas dan Fasilitas) dan Minat Kunjungan.
Subjects: Tourism > Attraction
Tourism > Religious Tourism > Pilgrimage Tours
Tourism > Visitation > Visitation Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:43
Last Modified: 24 Jan 2022 06:43
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item