Pengaruh Instagram dan Facebook Terhadap Pengambilan Keputusan Berwisata Study Kasus di Taman Tebing Breksi

Fadlansyah, Riva'i Akbar (2019) Pengaruh Instagram dan Facebook Terhadap Pengambilan Keputusan Berwisata Study Kasus di Taman Tebing Breksi. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taman Tebing Breksi atau lebih di kenal dengan Tebing Breksi merupakan sebuah destinasi wisata yang terbilang baru di wilayah Yogykarta. Sebelum menjadi sebuah destinasi wisata, lahan ini merupakan sebuah penambangan batuan alam. Tebing Breksi sekarang ber-transformasi menjadi sebuah sebuah destinasi wisata alam yang indah dan unik yang bisa bersaing dengan destinasi wisata yang lainnya. Banyak sekali postingan di media sosial yang bisa dapatkan mengenai Tebing Breksi. Saat ini, hampir kebanyakan orang mempunyai akun media sosial, baik Instagram maupun Facebook yang digunakan untuk membagikan kegiatan berwisata. Dari sana munculah sebuah pemikiran, apakah hal ini akan memengaruhi para calon wisatawan lain untuk untuk mengunjungi daya tarik wisata yang sama, khusus nya di Taman Tebing Breksi. Penelitian dengan judul “Pengaruh Instagram dan Facebook Terhadap Pengambilan Keputusan Berwissta (Studi Kasus Taman Tebing Breksi), memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Instagram dan Facebook terhadap pengambilan keputusan berwisata ke Tebing Breksi. (2) Manakan antara Instagram dan Facebook yang paling berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan berwisata ke Tebing Breksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kuantitatif dengan variabel Instagram sebagai X1, Facebook sebagai X2, dan keputusan berwisata sebagai Y. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara incidental sampling dengan sampel sejumlah 30 responden dari wisatawan Tebing Breksi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, uji heteroskedastritas, simple regresi, regresi berganda , uji t, uji F, dan uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Instagram dan Facebook memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan berwisata di Tebing Breksi, hal ini dapat di lihat dari t hitung sebasar 3,099 > t tabel sebesar 2,055 dengan nilai signifikansi sebesar 0,004. (2) Instagram dan Facebook berpengaruh secara bersama terhadap pengambilan keputusan brwisata, hal ini dapat dilihat dari f hitung 10,299 > f tabel 3,35 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. (3) Instagram dan Facebook berpengaruh terhadap pengambilan keputusan secara bersamaan sebesar 43,3% bersarkan hasil uji R yang diperoleh yaitu 0,433. (4) Instagram berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwisata masing-masing sebesar 25% bersarkan hasil uji R 2 2 yaitu 0,250 dan Facebook berpengaruh terhadap pengambilan keputusan berwisata masing-masing sebesar 23% bersarkan uji uji R yaitu, 0,231. 2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415100357
Uncontrolled Keywords: Instagram, Facebook, Keputusan Berwisata, Tebing Breksi
Subjects: Tourism > Ecotourism
Social Media
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:59
Last Modified: 24 Jan 2022 06:59
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item