Analisis Standard Operational Procedure Tour Leader Dalam Memberikan Kepuasan Bagi Wisatawan (Studi Kasus Pada Empat Lawang Tour & Travel)

Setiyadi, Rudi Gunawan (2019) Analisis Standard Operational Procedure Tour Leader Dalam Memberikan Kepuasan Bagi Wisatawan (Studi Kasus Pada Empat Lawang Tour & Travel). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (957kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul tentang Analisis Standard Operational Procedure Tour Leader Dalam Memberikan Kepuasan Bagi Wisatawan StudiKasus Pada Empat Lawang Tour & Travel. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis standard operational procedure tour leader dalam memberikan kepuasan bagi wisatawan pada Empat Lawang Tour & Travel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisisdata yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Menggunakan triangulasi data yaitu melakukan analisa dari beberapasumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu melalui wawancara, mengambil dokumentasi, studi pustaka dan observasi langsung ke lapangan untuk menggalikebenaran informasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Standard Operational Proceduretour leader di Empat Lawang Tour & Travel belum maksimal. Dikarenakan tour leader freelance pada saat melakukan pekerjaan dilapangan tidak sepenuhnyaberdasarkan Standard Operational Procedure tour leader yang dimiliki olehEmpat Lawang Tour & Travel sebab tour leader freelance melakukan pekerjaansesuai dengan pengalaman dari latar belakang biro perjalanan yang berbeda-beda. Kemudian tour leader staff sudah menerapkan Standard Operational Proceduretour leader karena tour leader staff sangat menjaga nama baik perusahaan dan hafal mengenai prosedur dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin perjalananwisata. Ada beberapa poin yang perlu di tambahkan pada Standard OperationalProcedure tour leader yang dimiliki oleh Empat Lawang Tour & Travel yaitumengenai (1)mengelola laporan keuangan sebelum dan sesudah perjalanan wisata,(2)prosedur check in hotel, dan (3)aturan pakaian yang digunakan saat tour leaderbekerja di lapangan. Empat Lawang Tour & Travel perlu menggunakan tour guideuntuk memaksimalkan kegiatan perjalanan wisata. Pada Saat brieffing penjelasanmengenai itinerary dan teknis pelaksanaan perjalanan wisata, bagi tour leaderfreelance perlu dibekali dengan Standard Operational Procedure tour leaderuntuk menyamakan persepsi setiap tour leader baik tour leader freelance maupuntour leader staff sebelum melaksanakan tugas di lapangan guna memberikankepuasan bagi wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 412100234
Uncontrolled Keywords: SOP, Tour Leader, Kepuasan Wisatawan
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Standard Operating Procedure
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:17
Last Modified: 24 Jan 2022 07:17
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item