Analisis Persepsi Wisatawan Terhadap Brand Positioning Wakatobi sebagai World Marine Heritage

Sadif, Astri Nurjana (2020) Analisis Persepsi Wisatawan Terhadap Brand Positioning Wakatobi sebagai World Marine Heritage. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis persepsi wisatawan terhadap Branding Positioning Wakatobi sebagai World Marine Heritage, yang dapat menjadi rekomendasi dalam melakukan pengembangan untuk pihak Dinas Pariwisata Kab.Wakatobi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data primer yag bersumber dari wisatawan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dengan jumlah 30 responden. Sedangkan data primer dari Dinas Pariwisata Kab.Wakatobi yaitu menggunakan metode wawancara. Subyek penelitiannya adalah wisatawan yang berkunjung ke Wakatobi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa wisatawan yang memiliki persepsi terhadap branding dilihat dari data profil wisatawan dapat dinyatakan bahwa persepsi wisatawan dapat berbeda karena perbedaan asal daerah, jenis kelamin, umur, pekerjaan dan lain-lain. Wisatawan asal wakatobi lebih mendominasi, karena wakatobi termaksud salah satu destinasi wisata minat khusus (diving) dan biaya ke wakatobi yang cukup mahal. Wisatawan memiliki persepsi positif terhadap branding destinasi yang dimiliki Kab.Wakatobi dilihat dari branding yang sudah sesuai dengan kearifan budaya lokal, memiliki banyak detinasi sesuai branding, branding telah sesuai keadaan laut dan terumbu karangnya, dan branding telah mencerminkan ciri khas Wakatobi. Berdasarkan hasil analisis penelitian pengembangan pariwisata yang dapat dilakukan ialah pengembangan dan peningkatan kualitas produk wisata, peningkatan kerjasama dengan berbagai sektor usaha, peningkatan kepengelolaan objek wisata, peningkatan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100636
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Wisatawan, Brand Positioning, World Marine Heritage, Wakatobi
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy > Branding
Tourism > Ecotourism > Marine Tourism
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Perception
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:39
Last Modified: 25 Jan 2022 04:39
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item