Hubungan Spot Foto Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Millennial di The Lost World Castle Cangkringan, Sleman

Farreza, Erfin (2020) Hubungan Spot Foto Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Millennial di The Lost World Castle Cangkringan, Sleman. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wisata yang sedang menjadi buruan wisatawan saat ini tidak hanya sekedar wisata alam biasa. Melainkan wisata-wisata yang mempunyai spot foto yang kekinian. Yang dimaksud dengan wisata kekinian adalah tempat wisata yangjuga menyediakan spot-spot foto yang menarik dan menjual view yang bagusuntuk difoto. Memadukan antara view alam dan buatan, merekayasa sesuatusehingga terlihat indah dan memanjakan mata seperti berisi tulisan, rangkaianbunga, bentuk-bentuk artistik. Tempat-tempat wisata seperti itulah yang kini menjadi primadona wisatawan terutama wisatawan millennial. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan spot foto terhadap minatberkunjung wisatawan millennial di The Lost World Castle Cangkringan,Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih yang terdiridari variabel independen dan dependen. Dalam pengumpulan datamembutuhkan sampel sebanyak 100 responden yang berkunjung The Lost World Castle dengan penentuan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Teknik Accidental Sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkankebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/accidenttial bertemu denganpeneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulanditemui cocok sebagai sumber data. Untuk mengetahui hal ini, peneliti menggunakan teknik analisi data dengan metode yang menggunakan Uji korelasi Pearson Product Moment, Uji R dan Uji T. Nilai yang didapat dari hubungan variabel spot foto dan variabel minat berkunjung sebesar 0,686 dengan hasil tersebut dapat menunjukan bahwahubungan antara kedua variabel bernilai cukup/moderate. Hal ini dapatdibuktikan pada interval korelasi 0,60-0,799, hasil perhitungan koefisienkorelasi penelitian ini mempunyai hubungan yang searah. Hasil perhitungan uji T penelitian ini menunjukan bahwa variabel X memiliki signifikansi kurang dari 0,05 karena nilai signifikansi pada kolom sig adalah 0,000. Nilai T hitung(9,338) > T tabel (1660). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolakdan Ha diterima. Artinya bahwa adanya hubungan positif antara spot foto (X)terhadap minat berkunjung wisatawan millennial (Y) di The Lost World Castle, Cangkringan, Sleman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100598
Subjects: Tourism > Artificial Tourism
Tourism > Visitation > Visitation Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 26 Jan 2022 05:00
Last Modified: 26 Jan 2022 05:00
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item