Peran Generasi Pesona Indonesia (GENPI) dalam Upaya Promosi Daya Tarik Wisata Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Digital Tourism

Lusiana, Ika (2020) Peran Generasi Pesona Indonesia (GENPI) dalam Upaya Promosi Daya Tarik Wisata Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Digital Tourism. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu daerah kunjungan wisata yang terkenal di Indonesia dan memiliki banyak sekali ragam pilihan wisata. Namun, pada masa pandemi Covid-19 seluruh kegiatan wisata di Yogyakarta terpaksa harus diberhentikan. Hal tersebut memacu Genpi Jogja sebagai komunitas pariwisata berupaya lebih keras dalam melakukan gerakan digital tourism, yaitu promosi daya tarik wisata yang ada di Yogyakarta melalui media digital. Tujuan dari gerakan ini adalah agar daya tarik wisata di Yogyakarta tetap dikenal oleh wisatawan. Gerakan digital tourism ini juga dilakukan dengan tujuan menarik minat wisatawan untuk berkunjung kembali atau berwisata di Yogyakarta setelah pandemi Covid-19 usai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Genpi Yogyakarta dalam upaya promosi daya tarik wisata di Yogyakarta pada masa pandemi Covid 19 dan upaya apa saja yang dilakukan Genpi Jogja dalam mempromosikan daya tarik wisata di Yogyakarya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada komunitas Genpi Jogja. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknis wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada pengurus dan anggota Genpi Jogja. Hasil penelitian menjukkan bahwa Genpi Jogja berperan sebagai komunitas yang memberikan motivasi, menggali potensi, menumbuhkan, serta mengembangkan kesadaran masyarakat mengenai masalah-masalah yang dihadapi misalnya keadaan kepariwisataan Yogyakarta yang sedang terdampak Covid-19. Genpi Jogja berperan sebagai komunikator yang mengamati, merekam, serta menyalurkan aspirasi, misalnya melaporkan kepariwisataan Yogyakarta kepada Dinas Kepariwisataan Daerah. Genpi Jogja juga berperan sebagai fasilitator dengan memberikan berbagai bantuan teknis dengan cara membuat konten berupa foto, video promosi dan narasi yang dipublikasikan melalui akun media sosial. Upaya yang dilakukan Genpi Jogja selama masa pandemi Covid-19 adalah: Membuat dan mepublikasi video promosi pariwisata new normal; Membuat dan mempublikasi video Iklan Layanan Masyarakat (ILM) tentang pariwisata new normal; Mengoptimalisasi publikasi konten di akun media sosial (Instagram & Website); Melakukan liputan langsung ke lokasi daya tarik wisata dengan penerapan protokol kesehatan; Mengadakan seminar atau workshop online melalui live instagram.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518200098
Uncontrolled Keywords: Genpi Jogja, Komunitas Pariwisata, Digital tourism,E-marketing
Subjects: Tourism > Attraction
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Social Media
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:12
Last Modified: 02 Feb 2022 05:10
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item