Strategi Promosi Objek Wisata Budaya Ciung Wanara dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Ciamis

Mabruri, . (2020) Strategi Promosi Objek Wisata Budaya Ciung Wanara dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Ciamis. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Promosi Objek Wisata Ciung Wanara Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor lingkungan internal dan eksternal di Objek Wisata Ciung Wanara serta mengetahui strategi promosi yang tepat berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan di Objek Wisata Ciung Wanara pada bulan Januari - Maret 2020. Data penelitian ini diperoleh dari proses pengamatan, dokumentasi dan wawancara dengan 2 orang narasumber yang terdiri dari Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis dan pengelola Objek Wisata Ciung Wanara bagian Humas. Selain wawancara, data penelitian juga peroleh dari penyebaran kuisioner yang disebar kepada 20 responden. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis SWOT dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Hasil penelitian ini menunjukan dari hasil perhitungan faktor internal nilai x adalah 0.2795 dan faktor eksternal nilai y adalah 0.6971. dari perhitungan tabel IFAS dan EFAS menunjukan bahwa nilai x dan nilai y memiliki kesamaan, yaitu nilai x berada pada posisi positif dan nilai y juga positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa posisi Objek Wisata Ciung Wanara berada pada kuadran 1. Fokus Objek Wisata Ciung Wanara adalah memanfaatkan peluang yang ada dengan menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memnfaatkan peluang. Pada kuadran1 menghasilkan strategi StrenghtOpportunities (SO) dimana strategi yang tercipta antara lain menyelenggarakan event dengan tema budaya berskala nasional, pengelola memaksimalkan suasana Objek Wisata Ciung Wanara yang masih sejuk dengan memanfaatkan trend wisata back to nature yang sedang meningkat, pengelola menjadikan cerita Kerajaan Galuh yang memiliki sejarah tinggi dengan memanfaatkannya sebagai ikon wisata Kab. Ciamis, membangun citra kepada wisatawan dengan mengangkat mitos yang beredar dimasyarakat mengenai Ciung Wanara dan memperluas jaringan periklanan hingga keluar daerah. Kemudian untuk meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman pengelola harus meningkatkan standar keamanan dan kebersihan di Objek wisata, memberikan pelatihan kepada karyawannya supaya profesional dalam melakukan tugas di bidangnya masing – masing, kemudian melakukan perawatan di situs – situs yang ada di Objek Wisata Ciung Wanara untuk mengurangi resiko kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100607
Uncontrolled Keywords: Promosi, Strategi Promosi, Wisata Budaya, Wisatawan
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Cultural Tourism
Tourism > Visitation > Visit Rate
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:52
Last Modified: 03 Feb 2022 02:52
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item