Analisis Penggunaan Instagram Dalam Meningkatkan Kujungan Wisatawan (Studi Kasus Wisata Alam Sikembang)

Ardhy, M.Sukmanov (2020) Analisis Penggunaan Instagram Dalam Meningkatkan Kujungan Wisatawan (Studi Kasus Wisata Alam Sikembang). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (644kB)

Abstract

Media sosial penggunaannya dirasa mudah, hemat biaya dan efektif dalam pemasaran pariwisata bagi suatu daerah, maka hal tersebut yang membuat media sosial semakin diminati untuk sarana komunikasi dan promosi. Selain itu penggunaan media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk mengekspresikan pengalaman melalui foto maupun video bisa dalam bentuk komentar sebagai bentuk interaksi tidak hanya dengan keluarga tetapi juga bisa dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana eksistensi wisatawan untuk menuju ke destinasi yaitu untuk mengetahui adanya penggunaan instagram dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Sikembang Park. Pengambilan data dilakukan dengan tahap analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, meliputi analisis data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawacara serta kuesioner atau angket. Kemudian dilakukan tabulasi data sesuai dengan konteks permasalahan yang diteliti. Peneliti menarik kesimpulan awal dari hasil sementara yang ada, kemudian melakukan mencocokan hasil kesimpulan awal dengan kesimpulan akhir dengan bukti-bukti yang ada dalam penelitian, adapun jumlah sampel yang di ambil sebanyak 30 orang (Responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial instagram di destinasi alam Si kembangpark dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan, Dari tabulasi data didapat tanggapan positif wisatawan. Hasil tabulasi menunjukkan bahwa media sosial instagram sangat penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, karena promosi sangat mempengaruhi dalam penentuan kunjungan ke sebuah tempat atau destinasi wisata. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase jawaban responden pada kuesioner yang telah disebarkan dan diolah kedalam tabulasi data pada hasil penelitian ini, dari hasil tersebut diperoleh persentase sebesar 59,53% menyatakan setuju.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 513100233
Uncontrolled Keywords: Instagram, Kunjungan Wisatawan , Wisata Alam Sikembang
Subjects: Tourism > Visitation
Tourism > Ecotourism
Social Media
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:57
Last Modified: 10 Feb 2022 03:57
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item