Analisis Pengadaan Persediaan Bahan Makanan di Hotel Sheraton Mustika Resort & Spa Yogyakarta

Setyaji, Muhamad (2017) Analisis Pengadaan Persediaan Bahan Makanan di Hotel Sheraton Mustika Resort & Spa Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Purchasing dalam operasional kerjanya, bekerja sama dengan department receiving, store, dan cost control. Fungsi dan tujuan dari purchasing adalah untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan oleh department yang bersangkutan guna menunjang operasional hotel. Dalam skripsi ini penulis mengambil judul tentang “Analisis Purchasing Dalam Pengadaan Barang”, melakukan penelitian di Hotel Sheraton Mustika Resort & Spa Yogyakarta dengan melakukan wawancara dan observasi pada purchase request, daily market list, invoice dengan menggunakan sample 4 narasumber yaitu purchasing, receiving, storekeeper dan cost control. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dan juga tabulasi yang diambil adalah bagian bentuk dari tabel. Teknik pengambilan data menggunakan (1) dokumentasi untuk mengetahui prosedur atau SOP. (2) wawancara untuk mengetahui prosedur pengendalian bahan makanan dan keterlaksanaan prosedur tersebut dan (3) observasi untuk mengetahui keterlaksanaan prosedur pengendalian bahan makanan di Hotel Sheraton Resort & Spa Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan selama bulan Januari 2017. Peranan purchasing dalam pelaksanaan standar kualitas produk buah, sayur, ikan, meat, poultry dan seafood sudah sesuai 100%. Standar kualitas minuman dan makanan dari pabrik sudah sesuai 100%. Standar kualitas material sudah sesuai 100%. Pelaksanaan kerja oleh purchasing di Hotel Sheraton Mustika Resort & Spa Yogyakarta, pengiriman barang sesuai jadwal 90% dilaksanakan, mengetahui informasi harga terkini dan ketersediaan barang serta mengetahui masa pemesanan barang 90% dilaksanakan. Barang yang datang sesuai dengan pemesanan, mencatat nama supplier dan yang menerima pemesanan 100% dilaksanakan. Alur kerja dalam pemilihan supplier secara berkala 90% dilaksanakan. Memeriksa semua penerimaan barang, pencatatan data, kerjasama dengan department lain serta bekerjasama dengan Finance Control (Accounting departemen) untuk penyelesaian pembayaran 100% dilaksanakan. purchasing, receiving, storekeeper dan cost control sudah bekerjasama dengan baik dalam bekerja, namun department lain yang berhubungan dengan permintaan barang sebaiknya penyerahan purchase requisition tidak mendadak agar purchasing bisa menentukan vendor yang baik untuk pemesanan barang, Kerja sama antar department lebih ditingkatkan demi kelancaran operasional hotel. Kata kunci : Informan (Purchasing, Receiving, Storekeeper, Cost Control)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 313200220
Uncontrolled Keywords: Informan (Purchasing, Receiving, Storekeeper, Cost Control)
Subjects: Hotel > Storage and Purchasing Department
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:20
Last Modified: 07 Jul 2020 03:26
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item