Strategi Promosi Badan Pengelola Monumen Jogja Kembali (Monjali) Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Tahun 2017

Q.R, Putri Mutiara (2020) Strategi Promosi Badan Pengelola Monumen Jogja Kembali (Monjali) Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Tahun 2017. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan target dan capaian hasilnya berbeda atau tidak mendapatkan peningkatan secara signifikan oleh badan pengelola Museum. Peneliti ingin mengetahui strategi promosi yang digunakan badan pengelola agar meningkatkan jumlah pengunjung wisata Monjali pada tahun 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui strategi promosi pariwisata sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang dilakukan oleh pengelola Museum Monumen Jogja Kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data wawancara, kuisioner, studi literatur dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pengelola Museum Monumen Jogja Kembali dan wisatawan yang berkunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan badan pengelola Monjali maka perencanaan dalam promosi yaitu dengan melakukan analisis lingkungan agar kegiatan promosi dapat diorganisir berdasarkan permasalahan yang ingin diseleseikan. Media yang digunakan dalam promosi ini yaitu pendekatan partisipan dengan melibatkan kepala sekolah pada suatu daerah untuk melakukan kegiatan WKM (Wajib Kunjung Museum) serta menggunakan media cetak, online, dan elektronik. Evaluasi kegiatan promosi yang dilakukan badan pengelola Monjali sesuai dengan kondisi. Evaluasi dapat dilakukan kapanpun seperti sebelum kegiatan promosi dilakukan, saat kegiatan promosi tersebut dilakukan, dan setelah kegiatan promosi dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 514100351
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi, Museum Monjali
Subjects: Tourism > Visitation
Economy > Marketing > Promotion
Science > Archeology > Museum
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:14
Last Modified: 14 Feb 2022 04:14
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item