Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di De Mata Trick Eye Museum Yogyakarta

Lupano, Rachel Johana (2020) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di De Mata Trick Eye Museum Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi promosi yang efektif digunakan saat ini adalah media sosial, para pengelola industri pariwisata juga ikut memanfaatkan media sosial salah satunya melalui instagram. Hal tersebut juga dilakukan pengelola De Mata Trick Eye Museum untuk mendorong kunjungan wisatawan. Pihak pengelola berusaha memasarkan produk melalui instagram. Penilitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan di De Mata Trick Eye Museum Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan pendekatan regresi linier. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan observasi, sedangkan data sekunder melalui studi pustaka dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna instagram juga pernah mengunjungi De Mata Trick Eye Museum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel (X) media sosial instagram berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) minat berkunjung. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment sebesar 0.748. Hasil uji t yang diperoleh sebesar 11.159 lebih besar dari t tabel sebesar 1.660 pada taraf signifikan 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 1.740 + 0.639X, dengan koefisien determinasi sebesar 0.560 yang berarti variabel media sosial instagram (X) berpengaruh terhadap variabel keputusan berkunjung (Y) sebesar 56% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. Oleh karena itu akun @de_mata_de_arca harus dimanfaatkan secara optimal dengan memperhatikan konten-konten yang disajikan seperti foto dan vidio yang diunggah, caption yang menarik dan informatif, juga keaktifan dalam menjawab pertanyaan di kolom komentar, sehingga dapat menarik pengguna instagram lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100583
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Keputusan Berkunjung.
Subjects: Social Media
Science > Archeology > Museum
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:32
Last Modified: 14 Feb 2022 04:32
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item