Analisis Operasional Purchasing Dalam Pengendalian Biaya Hotel (Studi Kasus Grand Artos Hotel & Convention Magelang)

Yusuf, Nur Muhammad (2017) Analisis Operasional Purchasing Dalam Pengendalian Biaya Hotel (Studi Kasus Grand Artos Hotel & Convention Magelang). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I_opt.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II - BAB IV_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (122kB)

Abstract

Operasional purchasing dalam pelaksanaan policies and procedures dan dalam penentuan standar kualitas dan kuantitas bekerjasama atau dibantu oleh receiving, store keeper, dan cost control. Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan laju biaya agar tidak terjadi pembengkakan biaya hotel. Dalam skripsi ini penelit i mengambil judul tentang “ Analisis Operasional Purchasing Dalam Pengendalian Biaya Hotel”, dan melakukan penelit ian di Grand Artos Hotel & Convention Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan policies and procedures purchasing dan untuk mengetahui operasional purchasing dalam pengendalian biaya di Grand Artos Hotel & Convention. Metode yang dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, observasi dan wawancara terhadap 4 (empat) narasumber yaitu Purchasing Manager, Receiving, Store Keeper, dan Cost Control dengan menggunakan sampel dokumen purchasing seperti purchase requisition, purchase order, daily market list, dan receiving report. Peneliti memilih jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Penerapan policies and procedures purchasing di Grand Artos Hotel & Convention pada pelaksanaan penentuan standar kualitas dan kuantitas produk buah, sayur, ikan, meat, poultry, dan material secara keseluruhan sudah dilaksanakan 99% sesuai dengan standard purchase specification yang ditentukan atau di minta oleh user, adapun alasan dibalik ketidaksesuaian 1% dengan standard purchase specification disebabkan oleh terjadinya kecelakaan kerja saat pengiriman oleh supplier atau menurunnya pasokan produk dipasaran pada saat tertentu. Alur kerja purchasing seperti menerima purchase requisition atau daily market list, menerbitkan dan mengirim purchase order, menyeleksi supplier secara berkala, bekerjasama dengan departemen lain termasuk finance 100% dilaksanakan. Saat tahap pengadaan barang mengetahui update harga dan memenuhi permintaan pembelian barang yang urgent 100% dilaksanakan. Namun, proses approval daily receiving report sebisa mungkin lebih diutamakan agar tidak terjadi penumpukan tagihan yang harus segera dibayarkan kepada supplier. Komunikasi antar departemen lebih ditingkatkan agar mengurangi permintaan pembelian yang mendadak. Kata kunci : Variabel Purchasing, Pengendalian Biaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 312100590
Uncontrolled Keywords: Variabel Purchasing, Pengendalian Biaya.
Subjects: Hotel > Storage and Purchasing Department
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:31
Last Modified: 07 Jul 2020 05:06
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item