Strategi Promosi History of Java Museum dalam Menarik Minat Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Bantul

Santoso, Sahlul Rizal (2020) Strategi Promosi History of Java Museum dalam Menarik Minat Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Bantul. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Startegi Promosi History Of Java Museum Dalam Menarik Minat Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Bantul. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor lingkungan internal dan eksternal di History Of Java Museum serta mengetahui strategi promosi yang tepat berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan di History Of Java Museum pada bulan Januari – April 2020. Data penelitian ini diperoleh dari proses wawancara dengan tiga orang pengelola yang terdiri dari Manajer Pengembangan dan Pemasaran, Staff Sales Marketing dan Kepala History Of Java Museum. Selain wawancara data penelitian juga diperoleh dari penyebaran kuisioner yang disebarkan kepada 10 responden yang terdiri dari Manajer pemasaran dan pengembangan History Of Java Museum, dua orang dari bagian staff sales marketing, satu orangn dari bagian sekretaris dua orang dari bagian IT dan empat orang lainnya dari bagian guide. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis SWOT dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan, kelemahan dan peluang ancaman. Hasil penelitian ini menunjukan dari hasil perhitungan faktor internal nilai x adalah -0.33358 dan faktor eksternal nilai y adalah 0.605263. Dari perhitungan tabel IFAS EFAS menunjukan bahwa nilai x dan nilai y memiliki perbedaan, nilai x negatif sedangkan nilai y positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa posisi History Of Java Museum berada pada kuadran 3. Fokus History Of Java Museum adalah meminimalkan masalah-masalah internal sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik. Perbaikan masalah internal berpengaruh pada strategi promosi yang akan digunakan untuk meraih peluang pasar History Of Java Museum. Pada kuadran 3 menghasilkan strategi Weaknesses-opportunities (WO) dimana strategi yang tercipta antara lain penambahan media periklanan, melakukan personal selling di berbagai daerah, memenuhi standar atau syarat Program Waktu Kunjungan Museum (WKM) oleh DIKPORA Kab. Bantul, penambahan koleksi museum setiap tahun, menciptakan Word of Mouth Marketing (WoMM).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100623
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi Dalam Menarik Minat Kunjungan Wisatawan
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Science > Archeology > Museum
Hotel Motel Restaurant > Guest > Visit Interests
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:50
Last Modified: 15 Feb 2022 06:50
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item