Strategi Pemasaran Agrowisata Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Tamela, Silverius Arlinda Widi (2020) Strategi Pemasaran Agrowisata Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Agrowisata Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta berdasarkan pada permasalahan yaitu kecenderungan wisatawan yang datang hanya menikmati panorama dan kurang mengenal wisata agro dan sedikitnya wisatawan untuk menikmati usaha agro tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Kebun Buah Mangunan dalam memasarkan agrowisata serta untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam memasarkan agrowisata. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif berupa analisis mengenai lingkungan eksternal dan internal kunci, Responden yang dipilih yaitu Bapak Arybowo selaku Kasi Pengolahan dan Pemasaran Dinas Peranian Pangan Kelautan dan Perikanan dan Ibu Ruji Pengelola Objek Wisata Kebun Buah Mangunan responden tersebut merupakan seseorang yang menangani secara langsung Kebun Buah Mangunan. Faktor terpenting untuk berhasil dalam pemasaran agrowisata Kebun Buah Mangunan yang menjadi kekuatan adalah “Keragaman kegiatan yang bisa dilakukan di kebun buah mangunan” dengan bobot sebesar 0,297, Sedangkan yang menjadi kelemahan adalah “Kurangnya fasilitas pengamanan permanen di bibir tebing” dengan skor bobot 0,329. faktor peluang terpenting untuk keberhasilan pemasaran agrowisata Kebun Buah Mangunan adalah “Keseriusan Dinas Pertanian Pangan kelautan dan Perikanan” dengan bobot 0,486. Sedangkan ancaman faktor terpenting adalah “Lahan Rawan longsor dan curam di bibir bukit” dengan bobot 0,386. Berdasarkan skor bobot total tersebut diperlihatkan bahwa posisi fungsional pemasaran agrowisata Kebun Buah Mangunan berada pada sel II yaitu Grow and Build dengan skor bobot total IFAS 2,60475 dan EFAS 3.3905.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100586
Uncontrolled Keywords: Agrowisata Kebun Buah Mangunan, Strategi Pemasaran, Alternatif Strategi
Subjects: Tourism > Visitation
Tourism > Ecotourism
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:09
Last Modified: 15 Feb 2022 07:09
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item