Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan (Studi di Pulau Kumala, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur)

Lisnarti, Tenri (2020) Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan (Studi di Pulau Kumala, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik wisata terhadap minat kunjungan ulang wisatawan di objek wisata Pulau Kumala dan jenis daya tarik wisata manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap minat kunjungan wisatawan di Pulau Kumala. Lokasi penelitian ini adalah objek wisata yang terletak di Jalan K.H.Ahmad Muksin, Timbau, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini berjudul Pengaruh daya tarik wisata terhadap minat kunjungan ulang wisatawan (Studi di Pulau Kumala, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur) dan variabel yang diteliti adalah Daya Tarik Wisata, dengan indikator keunikan, keaslian, dan keindahan alami, kelangkaan, dan bermanfaat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Variabel Daya Tarik Wisata (X) sedangkan untuk variabel (Y) nya adalah Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel insedental dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 50 responden. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada para wisatawan atau pengunjung. Data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan variabel yang diteliti lebih dari satu variabel dengan menggunakan program SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis indikator keunikan, keaslian dan keindahan alami, kelangkaan, dan bermanfaat mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil F hitung sebesar 42.428. pada koefisien adjusted (R ) sebesar 0.772 yang artinya 77.2% minat kunjungan ulang wisatawan dipengaruhi oleh variabel keunikan, keaslian dan keindahan alami, kelangkaan, dan bermanfaat sedangkan sisanya 22.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Indikator yang paling dominan adalah indikator Kelangkaan, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3.851. Kemudian, indikator keunikan menyumbang pengaruh sebesar 2.198, indikator keaslian dan keindahan alami menyumbang pengaruh sebesar 2.653, dan indikator bermanfaat menyumbang pengaruh sebesar 2.362. 2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100670
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Minat Kunjungan Ulang
Subjects: Tourism > Attraction
Tourism > Ecotourism
Tourism > Visitation > Visitation Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:37
Last Modified: 15 Feb 2022 07:37
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item