Studi Fenomenologi Tentang Pergeseran Pola Perilaku Wisatawan di Destinasi Wisata Budaya Akibat Tren Foto “Instagramable”

Bili, Yetty Felicia Lidya (2020) Studi Fenomenologi Tentang Pergeseran Pola Perilaku Wisatawan di Destinasi Wisata Budaya Akibat Tren Foto “Instagramable”. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat khususnya media sosial Instagram terbukti memberikan pengaruh terhadap perilaku wisatawan modern saat ini. Sejak adanya tren foto Instagramable di kalangan pengguna Instagram, aktivitas foto di destinasi wisata untuk kebutuhan eksistensi diri menjadi sebuah aktivitas wajib bagi mereka yang mengalami tren foto Instagramable. Hal tersebut juga terjadi di destinasi wisata budaya di Yogyakarta. Berbagai bangunan destinasi wisata budaya yang original dan otentik menjadikannya sebagai spot foto yang sangat Instagramable. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan foto diri mereka ketika berada di destinasi wisata budaya. Seiring berjalannya waktu tanpa disadari hal tersebut mempengaruhi pergerseran makna tujuan berwisata, perilaku dan rasa keingintahuan wisatawan terhadap nilai sejarah dan budaya dari destinasi tersebut. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai pola pergeseran perilaku wisatawan di destinasi wisata budaya akibat tren foto Instagramable. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dimana yang menjadi fokus utama adalah pengalaman dari subyek penelitian yang memiliki akun dan menggunakan Instagram secara aktif, mengalami dua fase yaitu sebelum dan setelah adanya tren foto Instagramable dan berusia 28-50 tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 3 subyek dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tren foto instagramable di destinasi wisata budaya memberikan pengaruh terhadap dinamika psikologis dan pola perilaku masing-masing subyek di dua fase yang berbeda yaitu fase sebelum dan setelah adanya tren foto tersebut. Dimana beberapa pergeseran yang terjadi adalah seperti tujuan berwisata, perlengkapan berwisata yang disiapkan, gaya berpakaian dan aktivitas yang dilakukan ketika berada di destinasi wisata budaya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai tren foto instagramable yang mempengaruhi perilaku wisatawan serta dapat menjadi himbauan bagi wisatawan modern agar lebih bijak dalam berperilaku serta menggunakan media sosial khususnya ketika berada di destinasi wisata budaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100675
Uncontrolled Keywords: perilaku wisatawan, instagram, tren foto instagramable, destinasi wisata budaya
Subjects: Tourism > Tourism Destination
Social Media
Tourism > Cultural Tourism
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Behavior
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:17
Last Modified: 18 Feb 2022 02:17
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item