Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta

Iqbal, Muhammad (2020) Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan demi mencapai tujuan untuk mendeskripsikan hasil uji dari Analisis persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayana di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 30 tamu dari seluruh populasi yang merupakan tamu yang menginap di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak yang artinya seluruh populasi berhak dijadikan responden atau sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang dipakai untuk menggali data-data dari responden atau sampel adalah bentuk angket dengan menggunakan skala likert. Adapun metode analisis untuk menguji pengaruh bauaran pemasaran terhadap tngkat hunian kamar menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda yang mencakup Uji simultan (F), uji koefisiensi determinasi (R) dan Uji parsial (t). Dari hasil uji Anova Fhitung > Ftabel (3,652 > 2,49) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,013 < 0,05). diketahui nilai R Square atau R2 adalah 0,314 (31,40%). Hal tersebut mempunyai arti variasi dari variabel (X1 (Tangible), X2 (Responsiveness) , X3 (Reliability ), X4 (Assurance), dan X5 (Emphaty) dapat menjelaskan variabel persepsi pelanggan sebesar 31,40%, sedangkan sisanya sebesar 68,60% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Uji R Square diketahui nilai R Square atau R2 sebesar 0.221 (21,4%). Hal tersebut berarti variabel dari Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Tangibel, Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty memberikan pengaruh sebesar (31,4%) terhadap Persepsi Pelanggan di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta. Sedangkan sisanya sebesar 68,6% didapatkan dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari statistik uji t variabel tangible menunjukan nilai nilai t hitung > dari t tabel ( 2,700 > 2,492) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,012 (0,012 < 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,598. Variabel tangible menunjukan nilai nilai t hitung > dari t tabel ( 3,118 > 2,492) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,005 < 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai sebesar -0,748. Variabel tangible menunjukan nilai nilai t hitung > dari t tabel ( 3,434 > 2,492) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,02 (0,002 < 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai sebesar 0,909. Variabel tangible menunjukan nilai nilai t hitung < dari t tabel ( 1,878 < 2,492) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,73 (0,073 > 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai sebesar 0,449. Variabel tangible menunjukan nilai nilai t hitung < dari t tabel ( 2,086 < 2,492) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,048 (0,048 < 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,285

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318200348
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pelanggan, Retar, Kualitas Pelayanan
Subjects: Economy > Customer
Hotel Motel Restaurant
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:33
Last Modified: 14 Mar 2022 01:33
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item