Usaha Guest Relation Officer Dalam Meningkatkan Occupancy Melalui Online Review Tripadvisor Tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta

Sukmadianti Putri, Prima (2020) Usaha Guest Relation Officer Dalam Meningkatkan Occupancy Melalui Online Review Tripadvisor Tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan industri perhotelan yang pesat diikuti dengan perkembangan penggunaan internet membuat semua orang cenderung mencari informasi secara online. Online review yang diberikan oleh tamu memberikan pengaruh terhadap tingkat occupancy di hotel. Di The Phoenix Hotel Yogyakarta seorang Guest Relation Officer bertanggung jawab mengenai online review yang ada di TripAdvisor hotel. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui usaha Guest Relation Officer dalam meningkatkan occupancy melalui online review TripAdvisor tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dengan Staff Guest Relation Officer dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dengan Staff Guest Relation Officer diketahui bahwa usaha yang dilakukan oleh Guest Relation Officer untuk meningkatkan occupancy melalui online review di TripAdvisor sudah maksimal namun masih memiliki beberapa kendala seperti tamu terlalu sibuk, tamu malas, dan tamu menganggap bahwa itu adalah hal yang tidak penting. Untuk mengatasi kendala tersebut Staff Guest Relation Officer memiliki cara lain untuk meminta tamu menuliskan review mereka dengan cara melakukan courtesy, memberikan kartu akses TripAdvisor kepada tamu, dan mengirimkan e-mail kepada tamu disaat tamu telah check-out. Kelebihan dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa TripAdvisor memberikan manfaat lain bagi hotel yaitu untuk meningkatkan kinerja, sebagai media promosi secara online, sebagai tempat untuk booking room, dan juga sebagai rating hotel.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317200343
Uncontrolled Keywords: Online Review, TripAdvisor, Guest Relation Officer
Subjects: Hotel Motel Restaurant
Hotel Motel Restaurant > Front Office Department > Guest Relation Officer
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:29
Last Modified: 16 Mar 2022 03:29
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item