Strategi Pemasaran Bakpia Pathok 25 Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Penjual Bakpia Lainnya

Prastiwi, Dwita Dharma (2019) Strategi Pemasaran Bakpia Pathok 25 Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Penjual Bakpia Lainnya. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Bakpia Pathok 25 dalam Menghadapi Persaingan dengan Penjual Bakpia Lainnya” dilatar belakangi oleh mulai banyak bermunculan penjual bakpia yang membuat tingkat persaingan semakin kompetitif. Dengan demikian, peneliti memiliki ide untuk menentukan bagaimana strategi segmentation, targeting, dan positioning yang dilakukan Bakpia Pathok 25 dalam menghadapi persaingan dengan penjual bakpia lainnya. Penelitian ini bertujuan agar Bakpia Pathok 25 dapat terus bersaing dalam penjualan bakpia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian dalam penentuan narasumber sebagai informan mencangkup marketing manager dan karyawan Bakpia Pathok 25, tour guide (travel agent), dan jasa dari tukang becak sebagai informan untuk dapat memberikan informasi tentang segmentasi pasar. Metode yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Metode analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi pembeli berdasarkan segmentasi pasar. Selanjutnya, dilakukan penentuan strategi targeting dan positioning. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa segmentasi aspek geografi berasal dari luar kota Yogyakarta yang didominasi berasal dari Kalimantan dan Bali. Segmentasi aspek demografi berdasarkan umur dan golongan umur. Target pasar Bakpia Pathok 25 adalah orang dewasa dengan rentan umur 26-45 tahun yang berasal dari luar Yogyakarta. Posisi pasar bakpia pathok 25 menempatkan diri sebagai toko bakpia wisata edukasi dan bernuansa kewirausahaan. Pesaing dari Bakpia Pathok 25 adalah Bakpia Kurnia Sari dan Bakpia Kencana. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bakpia Pathok 25, Pesaing.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 315100825
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bakpia Pathok 25, Pesaing.
Subjects: Economy > Marketing > Business Competition
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:01
Last Modified: 21 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item