Upaya Meningkatkan Angka Kunjungan Museum Melalui Social Media Marketing : Studi Pendahuluan

Cornellia, Ayu Helena and Hermawan, Hary (2020) Upaya Meningkatkan Angka Kunjungan Museum Melalui Social Media Marketing : Studi Pendahuluan. Jurnal Kepariwisataan lndonesia, 14 (1). pp. 1-8. ISSN 1907-9419

[img] Text
Jurnal Kepariwisataan Indonesia Reviewer 1.pdf

Download (743kB)
[img] Text
Jurnal Kepariwisataan Indonesia Reviewer 2.pdf

Download (776kB)
[img] Text
Dok Similarity Artikel JKI.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://ejournal.kemenparekraf.go.id/index.php/jki/...

Abstract

Digital marketing, termasuk social media marketing, memegang peran penting dalam memaparkan banyak hal. Museum di Yogyakarta sudah banyak melakukan promosi melalui media sosial dan mengikuti tren, antara lain Museum Sonobudoyo dan Museum Sandi. Berbagai tantangan ditemui dalam mengembangkan media sosial di museum, misalnya kondisi nyata museum yang belum dapat melakukan banyak inovasi dan regulasi yang mendasari. Kedua museum (Museum Sonobudoyo milik Pemerintah Daerah Yogyakarta dan Museum Sandi adalah milik Badan Sandi Negara Jakarta) dipilih berdasarkan purposive random sampling, yaitu berdasarkan keaktifan dalam update media sosial selama 6 bulan terakhir terhitung dari Oktober 2019 – Maret 2020. Studi kualitatif dan kuantitatif diadakan untuk menilai persepsi dan opini masyarakat terhadap museum serta mencari tahu apa yang sebaiknya ditingkatkan oleh pihak museum sehingga masyarakat semakin tergerak untuk datang ke museum. Hasil studi ini diharapkan akan menjadi panduan museum untuk memperbaiki diri dan beradaptasi dengan situasi dan trend wisata yang ada di masyarakat berdasarkan disrupsi teknologi yang ada saat ini.

Item Type: Article
Subjects: Economy > Marketing
Social Media
Science > Archeology > Museum
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Oct 2021 03:07
Last Modified: 15 Nov 2021 04:46
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item