Saputri, Marista (2018) Peran Promosi Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan di Museum Affandi Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (2MB) |
Abstract
Promosi di Museum Affandi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan oleh pengelola museum, yaitu dengan melakukan promosi seperti menerapkan metode-metode promosi yang efektif dan terarah akan membuat Museum Affandi semakin dikenal dan lebih banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Metode promosi yang digunakan pihak pengelola Museum Affandi dalam mempromosikan museum adalah dengan menggunakan metode berbentuk website, media sosial, kerjasama dengan dinas Kebudayaan dan Pariwisata, brosur, promosi dari mulut-kemulut, dan promosi langsung kesekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mereduksi hasil dari pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran promosi dalam meningkatkan minat kunjungan di Museum Affandi Yogyakarta dengan menggunakan metode-metode promosi yang terdapat di Museum Affandi menjadi cara yang tepat untuk mempromosikan museum dalam jangka panjang. Walaupun tidak dapat dilihat langsung dalam waktu pendek secara signifikan, tetapi dapat dilihat sebagai indikator hasil jangka panjang dengan memperhatikan evaluasi setiap kegiatan promosi yang dilakukan pengelola Museum Affandi. Berdasarkan metode promosi yang digunakan pihak pengelola Museum Affandi, dapat menghasilkan tingkat kunjungan wisatawan yang selalu meningkat dari tahun-ketahun untuk mengunjungi Museum Affandi baik pada akhir pekan, libur panjang, dan hari biasa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 414100302 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Promosi, Promosi Museum Affandi, Tingkat Kunjungan Wisatawan Peran Promosi, Promosi Museum Affandi, Tingkat Kunjungan Wisatawan |
Subjects: | Economy > Marketing > Promotion Science > Archeology > Museum Tourism > Visitation > Visitation Interest Tourism > Visitation > Visit Rate |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 02:54 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:06 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
View Item |