Peran Promosi Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan di Museum Affandi Yogyakarta

Saputri, Marista (2018) Peran Promosi Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan di Museum Affandi Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Promosi di Museum Affandi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan oleh pengelola museum, yaitu dengan melakukan promosi seperti menerapkan metode-metode promosi yang efektif dan terarah akan membuat Museum Affandi semakin dikenal dan lebih banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Metode promosi yang digunakan pihak pengelola Museum Affandi dalam mempromosikan museum adalah dengan menggunakan metode berbentuk website, media sosial, kerjasama dengan dinas Kebudayaan dan Pariwisata, brosur, promosi dari mulut-kemulut, dan promosi langsung kesekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mereduksi hasil dari pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran promosi dalam meningkatkan minat kunjungan di Museum Affandi Yogyakarta dengan menggunakan metode-metode promosi yang terdapat di Museum Affandi menjadi cara yang tepat untuk mempromosikan museum dalam jangka panjang. Walaupun tidak dapat dilihat langsung dalam waktu pendek secara signifikan, tetapi dapat dilihat sebagai indikator hasil jangka panjang dengan memperhatikan evaluasi setiap kegiatan promosi yang dilakukan pengelola Museum Affandi. Berdasarkan metode promosi yang digunakan pihak pengelola Museum Affandi, dapat menghasilkan tingkat kunjungan wisatawan yang selalu meningkat dari tahun-ketahun untuk mengunjungi Museum Affandi baik pada akhir pekan, libur panjang, dan hari biasa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 414100302
Uncontrolled Keywords: Peran Promosi, Promosi Museum Affandi, Tingkat Kunjungan Wisatawan Peran Promosi, Promosi Museum Affandi, Tingkat Kunjungan Wisatawan
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Science > Archeology > Museum
Tourism > Visitation > Visitation Interest
Tourism > Visitation > Visit Rate
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:54
Last Modified: 04 Jan 2022 03:06
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item