Pengaruh Promosi Online Instagram dan Facebook Terhadap Keputusan Tamu untuk Menginap di Hotel Novotel Yogyakarta

Gultom, Anggiat (2020) Pengaruh Promosi Online Instagram dan Facebook Terhadap Keputusan Tamu untuk Menginap di Hotel Novotel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang diberikan variabel independen yaitu Promosi Online berupa Instagram dan Facebook yang dominan lebih digunakan dalam hal mengenalkan dan mempromosikan produk dan jasa terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Menginap Tamu. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 tamu dengan menggunakan teknik sampling Insidental. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder berupa data kuesioner dengan metode scoring adapun kuisioner tersebut mencakup tentang variabel Keputusan Menginap Tamu serta Promosi Online Instagram dan Facebook. Data tersebut diolah menggunakan software komputer “SPSS 22.0” dengan metode analisis regresi linear berganda. Dari data SPSS didapatkan bahwa data kuisioner valid, reliabel, normal, terdapat hubungan linieritas antara variabel independent dan dan variabel dependent, bebas dari autokorelasi dan bebas dari multikolinieritas. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda didapatkan Y = 3,438 + 1,117 X1 + 0,137 X2 dan nilai koefisien determinasi (R ) sebesar 0,891 atau 89,1 % yang berarti promosi online dapat diprediksi dan dapat dijelaskan terhadap variabel keputusan menginap tamu. Dari hasil uji F diketahui nilai variabel bebas secara bersama-sama adalah F hitung = 395,669 sedangkan nilai F tabel = 3,09 (F hitung > F tabel) sehingga terdapat pengaruh terhadap keputusan menginap tamu secara bersama-sama. Dari hasil uji t diketahui X1 = 25,363 dan X2= 4,649 sedangkan nilai t tabel = 1,988 (t hitung > t tabel) sehingga terdapat pengaruh parsial Instagram dan Facebook terhadap keputusan menginap tamu. Hasil penelitian dan estimasi data melalui metode regresi berganda menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial, variabel independen Promosi Online terhadap variabel dependen Keputusan Menginap Tamu dibawah tingkat signifikan 0,05 atau 5% terdapat berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Novotel Yogyakarta. Dari hasil uji t dan koefisien determinasi masing-masing variabel menunjukkan bahwa variabel Instagram lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan menginap tamu di Hotel Novotel Yogyakarta. 2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 314100682
Uncontrolled Keywords: Promosi Online; Instagram; Facebook ; Keputusan Menginap Tamu
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Social Media
Hotel Motel Restaurant
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2022 00:57
Last Modified: 21 Feb 2022 00:57
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item