Peran Membership Loyalty Program Accor Pada Loyalitas Tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta

Kharisma, Arsi (2020) Peran Membership Loyalty Program Accor Pada Loyalitas Tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Loyalitas merupakan hal penting bagi hotel karena loyalitas dapat menghasilkan tujuan berupa mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang berpotensi, mendorong pembelian ulang, dan menjalin hubungan dengan pelanggan. Dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, hotel perlu menerapkan Customer Relationship Management ( CRM ) untuk menciptakan hubungan yang lebih akrab dengan tamu sehingga akan membangun kepercayaan dan komitmen tamu kepada hotel dan terciptalah loyalitas tamu. Program loyalitas pelanggan kemudian hadir untuk membangun ikatan antara tamu dengan hotel. Dalam hal ini The Phoenix Hotel Yogyakarta sebagai salah satu hotel premium bagian dari Accor Group memiliki program loyalitas pelanggan untuk menciptakan loyalitas tamu dengan menawarkan kartu keanggotaan Le Club Accor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peran pada membership loyalty program Accor pada loyalitas tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam (indepth interview )dengan karyawan The Phoenix Hotel Yogyakarta dan tamu anggota Le Club Accor, dan dokumentasi. Penulis menggunakan 4 kategori untuk mengukur loyalitas anggota Le Club Accor yaitu high loyalty, latent loyalty, spurious loyalty, dan low loyalty. Dari empat kategori tersebut, anggota Le Club Accor di Hotel Phoenix termasuk dalam kategori high loyalty karena menunjukkan bahwa anggota melakukan pembelian ulang di hotel dan memiliki komitmen kuat terhadap The Phoenix Hotel Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa program Le Club Accor berperan pada loyalitas tamu di hotel karena dengan menjadi member Le club Accor member datang kembali ke hotel secara berkala, dengan manfaat – manfaat yang diberikan Le Club Accor membuat tamu lebih memiliki komitmen kepada hotel,. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa pelayanan merupakan faktor utama loyalitas tamu di hotel yang juga didukung dengan faktor – faktor lain seperti program loyalty membership, fasilitas hotel, hingga brand hotel. Melihat dari hasil penelitian yang telah didapatkan, maka penelitian ini menunjukkan bahwa membership loyalty program Accor dalam hal ini Le Club Accor berperan pada loyalitas tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317200341
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan, Le Club Accor, The Phoenix Hotel Yogyakarta
Subjects: Economy > Customer
Hotel Motel Restaurant
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:30
Last Modified: 21 Feb 2022 01:30
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item