Rahman, Dwi Putri (2023) Pengaruh Kualitas Komunikasi Pemandu Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
Dwi Purti Rachman, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Dwi Purti Rachman, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Dwi Purti Rachman, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (536kB) |
Abstract
Penelitian dengan Judul Pengaruh Kualitas Komunikasi Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas komunikasi pemandu wisatawan terhadap tingkat kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode pengumpulan data Wawancara, Kuisioner, Observasi, Dokumentasi, dan Studi Pustaka. Partisipan atau informan dalam Peneltian ini yaitu HPI, Pemandu Wisata, dan Wisatawan. Teknik yang cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini dalam menghitung populasi adalah teknik sampling kuota sedangkan dalam penghitungan sampel menggunakan rumus slovin dengan acuan dari total populasi yang akan diambil. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa pemandu wisata yang ada di museum benteng vredeburg memilki beberapa kendalah seperti yang dialami dalam proses pemanduan khusunyna dlaam kemampuan bahasa verbal yang terdiri atas Ujaran, Wacana, Ekspresi Muka, Dan Bahasa Tubuh, cara mengatasi kendalah tersebut dengan meningkatkan Kualitas Komunikasi pemandu wisata dan jangan terburuh-terburu, lebih runtut dan jelas dalam menyampaikan informasi. Faktor penghambat pemanduan kurangnya pemandu lokal yang tidak bisa berbahasa asing. Hal ini perlu diperhatikan bagi Guide maupun pihak HPI dan museum untuk mengadakan perekrutan anggota baru dan untuk mengadakan pembinaan harus mempunyai pengetahuan lebih dan menguasai bahasa asing dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 419100627 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Komunikasi Verbal, Pemandu Wisata, Kepuasan Wisatawan |
Subjects: | Tourism > Guide Tourism > Historical / Heritage Tourism Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 05:47 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 05:47 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |