Brigita, Elenia Minanti (2023) Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Heha Ocean View. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
Elenia Minanti Brigita, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Elenia Minanti Brigita, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
Elenia Minanti Brigita, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh daya tarik wisata dan electronic word of mouth secara simultan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Heha Ocean View, (2) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Heha Ocean View. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria responden merupakan wisatawan Heha Ocean View yang berusia minimal 18 tahun, menggunakan media sosial Instagram dan telah mengikuti (follow) akun Instagram Heha Ocean View. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik wisata dan electronic word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Heha Ocean View yang dibuktikan dengan nilai fhitung lebih besar dari ftabel (71,220 > 3,09) dan nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan berdasarkan nilai koefisien beta pada uji t menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Heha Ocean View yang dibuktikan dengan nilai koefisien beta pada variabel electronic word of mouth lebih besar dibandingkan variabel daya tarik wisata dengan nilai sebesar 0,538 > 0,343 dan diperkuat juga dengan nilai thitung pada variabel electronic word of mouth lebih besar dari nilai thitung pada variabel daya tarik wisata (7,163 > 4,565). Sedangkan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa daya tarik wisata dan electronic word of mouth memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Heha Ocean View sebesar 58,7% dan sisanya yaitu 41,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 419100708 |
Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik Wisata, Electronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung |
Subjects: | Tourism > Tourism Attraction Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 05:51 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 05:51 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |