Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjung Ulang pada History of Java Meseum Yogyakarta

Pradito, Hafidh (2023) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjung Ulang pada History of Java Meseum Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Hafidh Pradito, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hafidh Pradito, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Hafidh Pradito, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

History of Java Museum Yogyakarta adalah museum yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Banyaknya museum yang tersebar di Yogyakarta membuat wisatawan membandingkan harga dan kualitas pelayanan yang didapatkan dan dirasakan saat mengunjungi museum serta memutuskan apakah akan berkunjung kembali atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap minat kunjung ulang dan variabel mana yang lebih mendominasi dalam mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang pernah mengunjungi History of Java Museum Yogyakarta minimal 1 (satu) kali. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastistas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,841 > 1,661 t tabel dengan nilai signifikansi 0,05 < 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 5,378 > 1,661 t tabel dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama positif dan signifikan berpengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 34,468 > 3,939 F tabel dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan merupakan variabel yang lebih mendominasi dalam mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai koefisien beta yang paling besar yaitu 0,480 atau 48% dan t hitung sebesar 5,378. Hasil nilai R Square sebanyak 0,415 yang artinya 41,5% minat kunjung ulang wisatawan dipengaruhi oleh variabel harga dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 58,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, seperti citra destinasi, fasilitas, aksesibilitas, dan promosi. K

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100633
Uncontrolled Keywords: History of Java Museum, Harga, Kualitas Pelayanan, Minat Kunjung Ulang
Subjects: Tourism > Tourism Attraction
Tourism > Historical / Heritage Tourism
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:33
Last Modified: 10 Nov 2023 02:33
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item