Pasaribu, Ruth Sriherta (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Local Guide terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Vredeburg Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
Ruth Sriherta Pasaribu, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ruth Sriherta Pasaribu, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Ruth Sriherta Pasaribu, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan local guide merupakan faktor penting dalam sebuah wisata budaya seperti Museum. Local guide yang berperan sebagai subyek untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung sehingga kualitas pelayanan dari local guide berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan local guide terhadap kepuasan wisatawan di Museum Vredeburg Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel independen kualitas pelayanan (X) dan varibael dependen kepuasan wisatawan (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan sampel berjumlah 100 responden. Pengambilan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan wisatawan yang menggunakan jasa local guide. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan uji R square (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan analisis regresi linear berganda yaitu Y = 3.681 + 0.383 + 0.390 + 0.283 + 0.271 + 0.186, pada uji F secara simultandidapatkan ?ℎ31.354 > 2.47. dengan tingkat signifikansi 0.000 > 0.05. Sehingga Ha1 diterima, artinya faktor tangibles, reliability, assurance, responsiveness dan emphaty secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Hasil uji T secara parsial didapatkan variabel reability (X2) adalah variabel paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan (Y) dengan ?ℎ2.330 > 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,022 < 0,05, maka Ha2 diterima, artinya variabel reability berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan wisatawan. Pada nilai Adjusted R Square didapatkan sebesar 0,605 yang berarti bahwa variabel bebas kualitas pelayanan (X) berpengaruh sebesar 60,5% terhadap variabel terikat kepuasan wisatawan (Y). Sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 419100649 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Local guide, Kepuasan wisatawan |
Subjects: | Tourism > Historical / Heritage Tourism Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 03:08 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 03:08 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |