Strategi Meseum Benteng Vredeburg dalam meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan

Afandi, Angelika Selin (2023) Strategi Meseum Benteng Vredeburg dalam meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
ANGELIKA SELIN AFANDI, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANGELIKA SELIN AFANDI, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
ANGELIKA SELIN AFANDI, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh Museum Benteng Vredeburg dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kajian kepustakaan dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi utama yang digunakan Museum Benteng Vredeburg dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke museum adalah dengan cara promosi di media sosial, promosi ke sekolah-sekolah, dan melalui beberapa event yang diadakan secara berkala. Namun, strategi tersebut dapat dikatakan kurang efektif karena dalam prosesnya terdapat faktor penghambat berupa kurangnya SDM pada bagian dokumentasi dan publikasi sehingga promosi di media sosial yang merupakan strategi utama untuk menarik minat berkunjung wisatawan menjadi kurang optimal. Maka, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memberikan beberapa rekomendasi, yaitu Museum Benteng Vredeburg dapat menambahkan SDM pada divisi yang kekurangan agar lebih konsisten dalam membuat dan meng-upload konten untuk media sosial sehingga strategi dapat berjalan dengan optimal. Selain itu, Museum Benteng Vredeburg dapat memaksimalkan faktor pendukungnya yang berupa bangunan dengan arsitektur khas zaman kolonial Belanda sebagai daya tarik yang tidak dimiliki oleh museum lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100666
Uncontrolled Keywords: Strategi peningkatkan, Museum, Pengunjung
Subjects: Tourism
Tourism > Visitation > Visit Interest
Tourism > Visitation > Visit Rate
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 04 Jan 2025 02:46
Last Modified: 04 Jan 2025 02:46
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item