Strategi Promosi dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Museum Benteng Vredeburg

Husen, Jihadda R. (2023) Strategi Promosi dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Museum Benteng Vredeburg. Master thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
JIHADDA R. HUSEN, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JIHADDA R. HUSEN, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
JIHADDA R. HUSEN, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (695kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Museum Benteng Vredeburg” yang bertujuan untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang dapat dilakukan oleh pengelola museum untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan juga wawancara wawancara yang dilakukan sebanyak enam orang yang terdiri dari satu pengelola dan lima wisatawan, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Museum Benteng Vredeburg membutuhkan peningkatan strategi promosi yang berdasarkan pada delapan bauran promosi. Terdapat empat pada metode yang terpilih sebagai fokus perbaikan strategi promosi dan intens digunakan oleh Museum Benteng Vredeburg yaitu Pengiklanan, Acara dan Pengalaman, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, Pemasaran Online dan Media Sosial adalah bauran promosi secara intens digunakan oleh pengelola Museum Benteng Vredeburg. Sedangkan empat metode lainnya yaitu Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung, Pemasaran Mobile dan Penjualan Personal adalah bauran promosi yang tidak menjadi fokus strategi promosi dan kurang intens digunakan karena data pengunjung yang tidak lengkap. . Maka dari itu alasan penulis lebih memilih empat bauran promosi yang unggul karena yang dilihat museum benteng vredeburg lebih cenderung dan fokus pada empat bauran promosi karena lebih meningkatkan minat kunjungan wisatawan dengan melakukan 4 bauran promosi tersebut. Setelah melakukan penelitian penulis berkesimpulan bahwa Museum Benteng Vredeburg terlebih dahulu harus melakukan optimalisasi semua produk yang mendukung Museum Benteng Vredeburg seperti memperhatikan semua desain interior dan eksterior, serta rutin dalam membuat konten kreatif melalui media sosial untuk melakukan promosi.

Item Type: Thesis (Master)
Student ID Number: 422200197
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Museum Benteng Vredeburg, Strategi Promosi
Subjects: Tourism
Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Historical / Heritage Tourism
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2025 03:12
Last Modified: 08 Jan 2025 03:12
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item