Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Minat Wisatawan di Kidzania Jakarta

Biseptia, Khairunnisa (2023) Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Minat Wisatawan di Kidzania Jakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
KHAIRUNNISA BISEPTIA, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KHAIRUNNISA BISEPTIA, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
KHAIRUNNISA BISEPTIA, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lokasi tempat wisata edukatif favorit anak-anak Kidzania Jakarta berada di dalam Pacific Place Mall, Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Kidzania Jakarta dalam meningkatkan minat wisatawan dan untuk mengetahui rumusan strategi promosi yang tepat bagi Kidzania Jakarta. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi promosi di media sosial instagram yang diterapkan oleh Kidzania Jakarta untuk meningkatkan minat wisatawan dan bagaimanakah rumusan strategi promosi yang tepat bagi Kidzania Jakarta. Penelitian ini di latar belakangi oleh terjadinya penurunan dan kenaikkan pengunjung di setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan promosi yang ada di objek wisata Kidzania Jakarta dan untuk mengetahui bagaimana pemilihan media promosi yang dilakukan di objek wisata Kidzania Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang berkaitan dengan strategi promosi yang berkaitan dengan strategi promosi melalui media sosial instagram. Teknis analisis data menggunakan analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi bentuk promosi yang telah dilakukan oleh bagian pemasaran Kidzania Jakarta. Narasumber/informan dalam penelitian ini yaitu bagian pemasaran atau marketing. Berdasarkan hasil penelitian, strategi promosi Kidzania Jakarta yang digunakan oleh pihak pemasaran yaitu melalui metode bauran promosi (promotion mix) dengan berbagai bentuk variable promosi, diantaranya yaitu melalui promosi personal, media sosial, promosi penjualan, dan hubungan Masyarakat. Dalam melakukan kegiatan promosi, pihak pemasaran Kidzania Jakarta menyusun dan melakukan strategi berdasarkan permasalahan yang ingin diselesaikan. Hambatan yang dilalui pihak pemasaran Kidzania Jakarta memang menjadi kendala, tetapi tidak menghambat proses strategi promosi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100640
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, Analisis SWOT, Kidzania Jakarta
Subjects: Tourism
Economy > Marketing > Promotion
Social Media
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:23
Last Modified: 08 Jan 2025 07:23
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item