Deo, Yohanes Efrisandy Mang (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemnadu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Destinasi Wisata Ratu Boko Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
YOHANES EFRISANDY MANG DEO,HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
YOHANES EFRISANDY MANG DEO,BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
YOHANES EFRISANDY MANG DEO,BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam industri pariwisata, penting untuk memperhatikan pembangunan layanan yang berkualitas karena ini berpengaruh pada keputusan yang diambil oleh para wisatawan. Kualitas layanan ini dielaborasi melalui sistem layanan yang kemudian menghasilkan hasil yang berguna bagi wisatawan yang memerlukan layanan perjalanan wisata. Saat ini, perjalanan wisata bukan hanya tentang bersenang-senang atau pengalaman semata, melainkan juga sangat memerlukan pelayanan yang baik. Di Indonesia, khususnya di wilayah Yogyakarta, sebelah selatan candi Prambanan, Kabupaten Sleman, tepatnya di Desa Bokoharjo yang memiliki situs bersejarah candi Ratu Boko, terdapat banyak potensi wisata yang menjanjikan. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah kualitas layanan (variabel independen) memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan wisatawan (variabel dependen). Penelitian ini melibatkan observasi langsung dan penyebaran kuesioner kepada setiap pengunjung di Ratu Boko, Yogyakarta. Dalam pendekatan ini, data akan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Analisis akan mencakup uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2 ), uji t, dan uji F Simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh sebesar 78,9% terhadap tingkat kepuasan wisatawan, di antara faktor-faktor lain yang mempengaruhi (21,1%). Ditemukan adanya pengaruh positif kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan wisatawan sebesar 0,468, dengan tingkat kesalahan 5% (0,05). Signifikansi variabel kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan wisatawan sangat tinggi, seperti yang terlihat pada nilai 3,635 dengan tingkat signifikansi 0.000. Dalam uji t, nilai t tabel adalah 1,661 dengan derajat kebebasan df = n-2 (100-2 = 98) dan taraf kesalahan α = 5% (satu sisi = 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan pemandu wisata memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan wisatawan di Ratu Boko, Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 418100547 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Pemandu Wisata, Tingkat Kepuasan Wisatawan |
Subjects: | Tourism Tourism > Guide Tourism > Historical / Heritage Tourism Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 03:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 03:35 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |