Mulyani, Tri (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan ke Destinasi Wisata Bukit Tangkeban Kabupaten Pemalang. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
Tri Mulyani, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Tri Mulyani, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Tri Mulyani, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari 7P (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik) secara simultan terhadap minat berkunjung kembali ke destinasi wisata Bukit Tangkeban kabupaten pemalang. (2) Variabel bauran pemasaran yang terdiri dari 7P yang paling dominan/memiliki peran paling penting terhadap minat berkunjung kembali ke destinasi wisata Bukit Tangkeban kabupaten pemalang. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif, dimana instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke Bukit Tangkeban pada tahun 2022 sebanyak 163.791 orang. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat uji validitas menggunakan pearson product moment, uji realibilitas menggunakan cronbach alpha, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 412,429 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai F hitung lebih besar dari F tabel (412,429 > 2,11) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) secara simultan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. (2) Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel bukti fisik merupakan variabel yang paling berpengaruh / dominan terhadap minat berkunjung kembali di Bukit Tangkeban. Hal ini dikarenakan variabel bukti fisik memiliki nilai t hitung paling tinggi ( 17,241 > 1,986) dibandingkan dengan variabel lainnya. Hasil data melalu uji Koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa bahwa besarnya pengaruh variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik terhadap minat berkunjung kembali yang diukur dengan menggunakan adjusted R 2 adalah sebesar 0,967. Hal ini menunjukkan bahwa minat berkunjung kembali dipengaruhi oleh produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, bukti fisik berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali ke destinasi wisata Bukit Tangkeban kabupaten pemalang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 519101293 |
Uncontrolled Keywords: | produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, bukti fisik, minat berkunjung kembali, destinasi wisata bukit |
Subjects: | Tourism Tourism > Ecotourism Economy > Marketing > Promotion Tourism > Visitation > Visit Interest |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 04:14 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 04:14 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |