Andriatna, Wahyu (2023) Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Taman Pintar Yogayakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
Wahyu Andriatna, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Wahyu Andriatna, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Wahyu Andriatna, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh Promosi Media Sosial Instagram terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Taman Pintar Yogyakarta. Dalam penelitian ini, dengan rumusan masalah, yaitu: Bagaimana pengaruh promosi media sosial Instagram terhadap minat kunjung wisatawan di Taman Pintar Yogyakarta Metode Penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan sampel penelitian adalah pengikut Instagram Taman Pintar dan wisatawan Taman Pintar, dengan teknik sampling insidental. Banyaknya sampel yaitu 100 responden dan 30 responden semu untuk pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa kuesioner. Analisis Deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden dengan persentase laki-laki 49% dan perempuan 51%. Usia dengan persentase 60% usia 20-30 tahun. Pendidikan terakhir dengan persentase 53% lulusan sarjana. Asal kota persentase 88% dari luar Jogja. Dan pekerjaan dengan persentase 49% pekerjaan wirausaha. Analisis digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini dengan Regresi linier sederhana dan Uji t (Uji Parsial). Hasil dari penelitian ini adalah variabel pengaruh Promosi Media sosial Instagram (X) dan variabel Minat Kunjung(Y) dinyatakan valid dan reliabel bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan korelasi pada taraf signifikan 0.05. Nilai r tabel pada 5% untuk 30 responden adalah 0.361 dasar pengambilan keputusan. Berdasarkan pengujian ini diperoleh nilai r hitung dari semua item kuesioner variabel penelitian menunjukkan lebih besar dibandingkan r tabel sebesar 0.361. Nilai Reliabel Cronbach’s Alpha dari semua variabel penelitian menunjukkan lebih besar dari nilai 0.6 maka dinyatakan reliabel. Nilai koefisien konstanta adalah sebesar 9,014. Koefisien variabel bebas (X) adalah sebesar 0,810. Sehingga diperoleh persamaan regresi. Koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel (X) terhadap Variabel (Y) adalah positif. Dari hasil analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel (X) dan variabel (Y). Dengan Hipotesis diterima jika t hitung > t tabel, hipotesis ditolak jika t hitung < t tabel. nilai t hitung 6,641 > t tabel 1.984 dengan nilai sig. sebesar 0.000 < 0.05. Koefisien determinasi (r square)) yang diperoleh sebesar 0.310. hal ini berarti 31,0% Minat kunjung wisatawan variabel Terikat (Y) dipengaruhi oleh variabel bebas (X) Promosi Media sosial Instagram dan sisanya yaitu 69,0% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 519101291 |
Uncontrolled Keywords: | Promosi Media Sosial Instagram, Minat Berkunjung, Travelers |
Subjects: | Tourism Tourism > Educational Tours Economy > Marketing > Promotion Social Media Tourism > Visitation > Visit Interest |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 04:54 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 04:54 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |