Strategi Promosi Objek Wisata Goa Pidul untuk Menarik Minat Wisatawan di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta

Luky, Sartina Mariana (2023) Strategi Promosi Objek Wisata Goa Pidul untuk Menarik Minat Wisatawan di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Sartina Mariana, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (855kB)
[img] Text
Sartina Mariana, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Sartina Mariana, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Goa Pindul memiliki keindahan alam yang belum banyak dikenal oleh manusia. Selain itu, goa merupakan tempat tinggal bagi manusia di zaman prasejarah dan dapat merekam kehidupan nenek moyang kita. Informasi tambahan tersebut dapat memberikan kesan khusus bagi para pengunjung sehingga menjadikan daerah ini sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi apa yang dilakukan pengelola untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Goa Pindul dan mendukung kegiatan promosi pada media apa yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena bertujuan untuk menafsirkan data dan hasil penelitian yang telah diperoleh sehingga dapat menghasilkan sebuah kesimpulan dan jawaban dari rumusan pertanyaan. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam mengidentifikasi apa yang ada di Goa Pindul, dengan menggunakan analisis SWOT, maka disimpulkan strategi promosi pada Goa Pindul menentukan strategi S-O dengan membuat perancangan dan design pada website, bekerjasama dengan instansi, media sosial bisa diakses oleh semua kalangan, pemberian kupon diskon, dan pembagian brosur. Strategi W-O penambahan fitur pada website, penambahan media periklanan tiktok, mengoptimalkan media promosi, melakukan endorsement, melakukan kegiatan promosi di luar kota. Strategi S-T memberikan informasi mengenai rawan kecelakaan, informasi pembelian tiket pada website, pemberian kupon diskon pada wisatawan rombongan dan media promosi dengan membuat brosur. Strategi W-T pembuatan akun resmi Goa Pindul, penambahan informasi yang jelas pada website, harga tiket masuk relatif murah, perencanaan untuk membuat website ads untuk kegiatan promosi berbayar, dan penambahan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518101052
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Goa Pindul, minat wisatawan
Subjects: Tourism
Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Ecotourism > Geotourism
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2025 05:02
Last Modified: 10 Mar 2025 05:02
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item View Item