Asdar, . (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Lokal Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo, NTT. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5 - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam dunia kepariwisataan, membangun suatu pelayananyang berkualitas merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan karna menyangkut pengambilan keputusan bagi parawisatawan yang melakukan suatu perjalanan. Kualitas pelayananini akan diolah dengan suatu sistim pelayanan kemudian menciptakan hasil / outputyang berguna bagi orang yang membutuhkan pelayanan untuk melakukan perjalanan wisata. Dewasa ini perjalanan wisata yang dilakukan oleh wisatawan bukan sekedar bersenang-senang dan mencari pengalaman semata tetapi disamping itu berwisata sangat membutuhkan suatupelayananyangbagus. Secara umum indonesia, secara khusus di wilayah timur indonesia salah satunya adalah KabupatenManggarai Barat, Kecamatan Komodo terdapat kawasan Taman Nasional Komodo. Memiliki banyak potensi wisata yang sangat menjanjikan, kawasan ini sering dikunjungi wisatawan dari tahun ke tahunnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan(variabel independen) terhadap tingkat kepuasan wisatawan (variabel dependen) . Melakukan pengamatan langsung serta menyebarkan angket kepada setiap pengunjung di Pulau Komodo (Loh Liang), Taman Nasional Komodo. Dengan menggunakan metode pendekatan kuntitatif, data akan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0, angket akan dilakukan beberapa analisis seperti uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), regresi linier berganda, uji F, uji determinasi (R 2 ) dan uji t. Hasil penelitian menunjukkanbahwa sebesar 74,3% variabel kualitas berpengaruh terhadap tingkat kepuasanwisatawan diantara beberapa hal lainnya yang mempengaruhi (25,7 %). Ada pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasanwisatawan sebesar 0.676 dengan tingkat kesalahan 5% (0,05). Signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasanwisatawan sangat besar pada tabel diketahui sengat besar 4,214 dan signifikan 0,000. Terhadap t tabel diketahui nilai t tabel dengan df = n-2 (50-5- = 44) dengan taraf kesalahan α = 5% (dua sisi = 0,025) yaitu 2.01. Ini berarti bahwa t hitung > t tabel. Dengan demikian Ho : ditolak dan Ha : diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayananpemandulokal terhadap tingkat kepuasanwisatawan di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 416200152 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, pemanduLokal, Tingkat kepuasanWisatawan |
Subjects: | Tourism > Guide Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 04:11 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 02:43 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |