Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Jogja Holiday Tour and Travel Yogyakarta

Ningsih, Elyna (2017) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Jogja Holiday Tour and Travel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan banyaknya wisatawan yang menggunakan jasa tour and travel, bukan berarti permasalahan pesanan secara kuantitatif dapat teratasi. Akan tetapi, hal ini jadi pemicu di dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. Secara logika dapat dideskripsikan bahwa semakin banyak wisatawan yang menggunakan jasa tour and travel maka pelayanan akan menjadi terganggu dan menurun nya tingkat pelayanan. Dengan hasil akhir berdampak terhadap kepuasan wisatawan . Dengan demikian, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI JOGJA HOLIDAY TOUR AND TRAVEL”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas pelayanan (reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik) terhadap kepuasan wisatawan di Jogja Holiday Tour & Travel. (2) Untuk mengetahui dimensi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan di Jogja Holiday Tour & Travel. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Jogja Holiday Tour & Travel mulai September 2017. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 50 responden dengan menggunakan sampel insidental. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis linear berganda karena variabel yang diteliti lebih dari satu variabel dengan menggunakan program SPSS 2.3 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan nilai koefisien adjusted (R ) sebesar 0.743 diartikan 74.3 % wisatawan merasa puas untuk menggunakan jasa di Jogja Holiday Tour & Travel yang dipengaruhi oleh variabel reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik sedangkan sisanya sebesar 25.7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari hasil F hitung 29.140 ≥ F tabel 2.40 dan secara keseluruhan taraf signifikan < 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil uji T (parsial) pada coefficient X2 merupakan variabel yang paling berpengaruh, terdapat nilai sig 0.004<0.05, dengan thitung > ttabel (3.047>2.01537) dapat disimpulkan bahwa variabel X2 yaitu Daya Tanggap memiliki kontribusi dan mempunyai hubungan searah terhadap Y. Jadi dapat disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan wisatawan ketika menggunakan jasa, maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. 2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 413100250
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan
Subjects: Tourism > Travel
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:58
Last Modified: 22 Apr 2022 03:58
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item