Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Yogyakarta

Putri, Rindy Aulia Desita (2021) Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

City Branding sebagai suatu konsep baru dalam membangun perkembangan pariwisata dan meningkatkan pendapatan suatu daerah. Indonesia sebagai negara Kepulauan yang memiliki potensi alam dan budaya, harus dapat beradaptasi dan siap untuk mengembangkan potensi wisatanya dengan konsep City Branding, sehingga pemerintah dapat mempromosikan potensi pariwisatanya. Keuntungan yang didapat ketika sebuah kota melakukan City Branding yaitu Kota tersebut bisa dikenal luas, mempunyai tujuan khusus, mampu menghadirkan investasi, menguatkan tujuan wisata, tempat tinggal, dan eventevent serta mampu meraih persepsi-persepsi positif. Oleh karena itu, Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh city branding terhadap keputusanberkunjung secara simultan dan parsial. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan statistik yang menggunakan alat analisis regresi liner berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial.pengerjaan metode analisis data menggunakan bantuan SPSS 25 For Windows. Data yang digunakan adalah data primer. Peneliti ini menggunakan 100 Resonden sebagai sampel penelitian. Hasil Penelitian berdasarkan analisis Regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y=2,407 + 0,426(X1) + 0,150(X2) + (-0,029)X3 + 0,156(X4) + 0,428(X5) + 0.200(X6) bahwa variabel city branding berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Yogyakarta. Berdasarkan Uji F menunjukkan F hitung sebesar 33,658 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka disimpulkan bahwa secara bersama-sama mempunyai pengaruf positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan Uji T menunjukkan hasil signifikan Pressence(X1) 0,003 < 0,05 artinya variable presence berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Nilai signifikan Potencial(X2) 0,162>0,05, artinya variable potencial tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Nilai signifikan Place(X3) 0,792>0,05, artinya variable place tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Nilai signifikan People(X4) 0,255>0,05, artinya variable people tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. signifikan pulse(X5) 0,000 < 0,05 artinya variable pulse berpengaruh terhadap keputusan berkunjung dan Nilai signifikan Prerequisites(X6) 0,052>0,05, artinya variable prerequisites tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100820
Uncontrolled Keywords: City branding, Keputusan Berkunjung
Subjects: Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:30
Last Modified: 29 Dec 2022 07:30
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item