Pengaruh Travel Experience Sharing Di Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Rest Area Heritage Km 260b Banjaratma Tol Trans-Jawa Kabupaten Brebes

Dyarti, Shavira Jatu Roro (2021) Pengaruh Travel Experience Sharing Di Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Rest Area Heritage Km 260b Banjaratma Tol Trans-Jawa Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan dimensi manakah yang dominan dantara variabel independen yakni Travel Experience Sharing yaitu Recommendation Framing (Valence), Visual Cue, Volume Review, Kualitas Argumen, dan keputusan berkunjung wisatawan, kemudian variabel dependen yaitu Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian asosiatif yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Subjek dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma Tol Trans-Jawa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling yang dilakukan adalah sampling purposive. Dalam penelitian ini, sampel yang akan diambil oleh peneliti sebanyak 30 responden yang telah mengunjungi Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma Tol Trans-Jawa. Berdasarkan analisis uji F menunjukkan bahwa F hitung sebesar 63.736 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 sedangkan F tabel sebesar 2.58 yang berarti bahwa F hitung (63.736) > F tabel (2.58), jadi dapat disimpulkan bahwa variabel independen yakni Travel Experience Sharing berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel dependen yakni keputusan berkunjung wisatawan. Selanjutnya pada analisis Uji Parsial terdapat satu variabel independen yaitu X4 Kualitas Argumen memperoleh nilai t hitug tertinggi sebesar 11.963 dengan nilai t tabel 2.048. Kesimpulannya yaitu, Ho2 diterima dan Ha2 ditolak. Artinya dari semua variabel Travel Experience Sharing terdapat satu variabel yang paling dominan yaitu variabel Kualitas Argumen (X4). Kemudian, berdasarkan hasil Uji Determinasi (R 2 ) memperoleh angka sebesar sebesar 0.896 ini berarti keempat variabel independen yakni Travel Experience Sharing berpengaruh terhadap variabel dependen yakni keputusan berkunjung wisatawan sebesar 89.6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100713
Uncontrolled Keywords: Travel Experience Sharing, Media Sosial, Keputusan Berkunjung Wisatawan
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Experience
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:55
Last Modified: 30 Dec 2022 03:55
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item