Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Kembali Wisatawan (Studi di Tebing Breksi, Kabupaten Sleman, Diy)

Sitanggang, Yohana (2021) Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Kembali Wisatawan (Studi di Tebing Breksi, Kabupaten Sleman, Diy). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi favorit kunjungan wisatawan. Adanya kunjungan berulang ke Tebing Breksi menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian di Tebing Breksi. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik wisata terhadap minat kunjungan kembali wisatawan di objek wisata Tebing Breksi dan jenis daya tarik wisata manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap minat kunjungan kembali wisatawan di Tebing Breksi. Adapun variabel yang diteliti adalah Daya Tarik Wisata, dengan indikator keunikan, keaslian, kelangkaan, dan manfaat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Variabel Daya Tarik Wisata(X) sedangkan untuk variabel (Y) adalah Minat Kunjungan Kembali Wisatawan. Teknik pengambilan sampel denga menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada para wisatawan yang sudah pernah berkunjung lebih dari 1 kali ke Tebing Breksi. Data yang digunakan adalah regresi linier berganda karena variabel yang diteliti memiliki lebih dari 1 variabel. Berdasarkan hasil analisis indikator keunikan, keaslian, kelangkaan, dan manfaat mempengaruhi minat kunjungan kembali wisatawan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil F hitung sebesar 10.682. Pada koefisien Adjusted R 2 sebesar 0.281 yang artinya 28,1% minat kunjungan kembali wisatawan dipengaruhi oleh indikator keunikan, keaslian, kelangkaan, dan manfaat, sedangkan sisanya 71,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari keempat indikator tersebut, indikator yang paling dominan adalah indikator manfaat. Hal tersebut dapat dibuktikan Dapat dilihat Nilai Beta pada pada indikator Manfaat diketahui sebesar 1.076. Tebing breksi ini menjadi sebuah pilihan wisatawan untuk berkunjung karena sangat bermanfaat untuk melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari atau melupakan aktivitas sehari-hari, berinteraksi dengan orang baru dan memperluas jaringan sosial, mendapatkan pengalaman dan pengetahuan. Kemudian indikator keunikan menyumbang pengaruh sebesar -1.229, indikator keaslian menyumbang pengaruh sebesar 1.889 dan indikator kelangkaan menyumbang sebesar 2.073. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu pembaca atau pihak yang ingin melakukan penelitian di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100835
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Minat Kunjungan Kembali
Subjects: Tourism > Tourism Attraction
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:41
Last Modified: 30 Dec 2022 07:41
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item