Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Kopii Company Pekanbaru

Lawren, Christifen Jovita (2021) Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Kopii Company Pekanbaru. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (186kB)

Abstract

Salah satu bisnis yang sedang berkembang di Kota Pekanbaru saat ini adalah coffee shop. Menikmati minuman dan suasana di coffee shop menjadi salah satu gaya hidup masyarakat perkotaan, sehingga jumlah coffee shop meningkat. Meningkat jumlah bisnis coffee shop membuat persaingan menjadi kompetitif, sehingga perlu adanya citra merek yang baik dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen secara bersama-sama maupun parsial dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan terhadap loyalitas konsumen di Kopii Company Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data yaitu uji regresi linear berganda, uji T, uji F, uji R². Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand Strength, Brand Favorability dan Brand Uniqueness sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Loyalitas Konsumen. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan angket kuesioner Google Form yang dibagikan dan isi oleh responden. Populasi dan sampel yang digunakan adalah konsumen Kopii Company Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel menggunakan Insidental Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang telah dihitung dengan rumus solvin. Berdasarkan hasil Uji F pada penelitian ini menunjukkan nilai F hitung 539,788 > F tabel 2,70 dan sig. F 0,000 < 0,05 yang berarti Brand Image yang terdiri dari Brand Strength, Brand Favorability dan Brand Uniqueness secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, dengan kata lain Ho1 ditolak dan Ha2 diterima. Hasil uji T juga membuktikan bahwa variabel Brand Favorability (X2) memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya dengan nilai T hitung 6,661 > T tabel 1,980 atau dengan kata lain Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. Sedangkan Brand Uniqueness (X3) tidak memiliki pengaruh signifikan dengan nilai T hitung 0,446 < T tabel 1,980 yang artinya Ho2 diterima dan Ha2 ditolak. Berdasarkan hasil uji R square adjusted dengan nilai 0,942 atau sebesar 94,2%. Artinya, dapat disimpulkan bahwa ke-3 variabel bebas secara simultan berkontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 94,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain atau dengan kata lain Ha1 diterima dan Ho1 ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317100991
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Brand Strength, Brand Favorability, Brand Uniqueness, Loyalitas Konsumen.
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Decision
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:17
Last Modified: 02 Jan 2023 04:17
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item