Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan di Hidden House Cafe

Pratama, Julio (2021) Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan di Hidden House Cafe. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (605kB)

Abstract

Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Tujuan promosi adalah memberi informasi, menarik perhatian dan selanjutnya memberi pengaruh meningkatkan penjualan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Dengan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuisioner untuk menjawab indikator pada variabel bebas dengan 14 pernyataan dan laporan data penjual untuk menjawab variabel terikat dengan indikator tingkat penjualan yang dibuat dalam persentase dihitung dari range data penjualan setiap bulannya. Kemudian dinyatakan telah valid menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan nilai r tabel (N=30) sebesar 0,361 dengan taraf signifikansi 5% lebih kecil daripada r hitung sehingga hubungannya positif dan signifikan. Dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis dan mengetahui kegiatan promosi mana yang paling berpengaruh, peneliti menggunakan alat uji F dan t dengan menggunakan alat bantu SPSS. Responden yang digunakan sebanyak 30 responden yang merupakan tamu dari Hidden House Café. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa r hitung sebesar 0,652 sehingga dapat disimpulkan berdasarkan pedoman tingkat kekuatan hubungan antara variabel periklanan terhadap volume penjualan dapat dikategorikan kedalam tingkat kekuatan hubungan moderat karna berada diantara 0,50 ≤ r ≥ 0,70. Dari hasil uji F didapat besarnya F hitung adalah 6,945 lebih besar dari F tabel 2,74 yang berarti terdapat pengaruh secara simultan terhadap volume penjualan. Dari hasil uji t juga diketahui bahwa Variabel promosi yang paling berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan adalah Periklanan(X1) dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan Standardized Coefficients Beta yang menunjukan angka terbesar yaitu 0,598. Maka secara statistik disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan Ha ditolak dikarnakan personal selling bukanlah kegiatan promosi yang paling berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan di Hidden House Café. 2 1

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101049
Uncontrolled Keywords: Promosi, coffee-shop, volume penjualan.
Subjects: Economy > Marketing > Level of Sales
Economy > Marketing > Promotion
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:56
Last Modified: 19 Jan 2023 06:56
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item