Hubungan Aplikasi Travel Agent Online Terhadap Tingkat Hunian Kamar di Jambuluwuk Malioboro Hotel

Puteri, Sarah (2021) Hubungan Aplikasi Travel Agent Online Terhadap Tingkat Hunian Kamar di Jambuluwuk Malioboro Hotel. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dampak globalisasi menyebabkan industri jasa perhotelan menghadapi persaingan yang ketat dan juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Dengan begitu, perusahaan harus memutar otak untuk mengatur strategi pemasaran agar dapat menarik konsumen untuk menginap di hotelnya. Travel agent Online adalah agen perjalanan yang berperan sebagai media promosi dan penjualan secara online melalui website. Website travel agent online adalah website yang mendistribusikan dan memfasilitasi pemesanan ke pihak penyedia usaha pariwisata. Trevel Agent Online adalah aplikasi yang menyediakan pemesanan tiket pesawat, reservasi hotel, tiket kereta api, dan pemesan tiket konser dan tempat hiburan secara online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat analisis korelasi product moment dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variable bebas (Agoda, Tiket.com, Traveloka) dengan variable terikat (tingkat hunian kamar). Penelitian ini menggunakan data dokumentasi yang di peroleh dengan menggunakan data tamu yang memesan kamar melalui aplikasi Agoda, Tiket.com, dan Traveloka selama sebelas bulan pada tahun 2019 dan 2020. Hasil Analisis dari penelitian mengenai hubungan aplikasi trevel agent online melalui korelasi product moment, hasilnya adalah Agoda 0,713, Tiket.com 0,964, dan Traveloka 0,983. Sedangkan hasil dari membandingkan r table dengan r hitung adalah Agoda 3,050, Tiket.com 10,876, dan Traveloka 16.061. Artinya ketiga aplikasi trevel agent online tersebut memiliki hubungan yang positif dan sangat kuat dan juga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap tingkat hunian kamar di Jambuluwuk Malioboro Hotel. Dari penjelasan diatas, Ha pada hipotesis ketiga media elektronik (trevel agent online) diterima yang berarti adanya hubungan aplikasi trevel agent online (Agoda, Tiket.com, Traveloka) terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Jambuluwuk Malioboro Hotel. Dari ketiga aplikasi tersebut, Traveloka adalah aplikasi yang sangat berpengaruh dengan nilai 16.061.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101091
Uncontrolled Keywords: Trevel agent online, tingkat hunian kamar, jambuluwuk malioboro hotel Yogyakarta.
Subjects: Hotel Motel Restaurant > Room Occupancy Rate
Tourism > Travel > Travel Agent
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:09
Last Modified: 30 Jan 2023 03:09
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item