Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Pada Wisata Umbul Square Kabupaten Madiun

Novitasari, Leli (2021) Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Pada Wisata Umbul Square Kabupaten Madiun. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (824kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul “Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan pada Wisata Umbul Square Kabupaten Madiun”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi yang berfokus pada aspek citra kognitif dan citra afektif serta dari kedua aspek tersebut mana yang paling dominan berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang wisatawan pada Umbul Square Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel citra kognitif (X1), citra afektif (X2), dan minat kunjungan ulang (Y). Sampel penelitian diambil sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuedioner yang dianalisis dengan uji parsial (uji T), uji simultan (uji F), dan uji koefisien Determinasi sebagai uji hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarakan uji t, nilai t hitung X1 lebih besar dari t tabel yaitu 3,874>1,98472 denga sig. 0,000 maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, berarti terdapat pengaruh citra kognitif (X1) secara signifikan dan positif terhadap minat kunjungan ulang (Y). Nilai t hitung X2 lebih besar dari t tabel yaitu 3,682>1,98472 dengan sig. 0,000 maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak, berarti terdapat pengaruh citra afektif (X2) secara signifikan dan positif terhadap minat kunjungan ulang (Y). Berdasarkan uji f menunjukkan bahwa nilai f hitung lebih besar dari f tabel yaitu 94.001>3,090 dengan sig. 0,000 sehingga Ha3 diterima dan ho3 ditolak artinya terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara citra kognitif (X1) dan citra afektif (X2) secara bersama-sama terhadap minat kunjungan ulang (Y). Berdasarkan hasil ujit diketahui nilai t hitung terbesar yaitu varibael citra kognitif (X1) sehingga Ha4 diterima dan Ho4 ditolak artinya variabel citra kognitif (X1) berpengaruh dominat terhadap minat kunjungan ulang wisatawan di Umbul Square Madiun karena Umbul Square Madiun memberikan kemudahan dalam aksesibilitas, kelengkapan fasilitas dasar, atraksi wisata yang beragam, lingkungan yang bersih, dan pemandangan yang indah bagi wisatawan. Kemudian hasih ujikoefisien Determinasi (R²) menunjukan bahwa minat kunjungan ulang (Y) dapat dijelaskan oleh citra kognitif (X1) dan citra afektif (X2) sebesar 66% sedangkan sisanya 44% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam penilaian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100451
Uncontrolled Keywords: citra kognitif, citra afektif, minat kunjungan ulang
Subjects: Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:24
Last Modified: 07 Mar 2023 08:24
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item