Peran Promosi Dalam Pengambilan Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Lumban Suhi Suhi (Studi Kasus Pada Desa Wisata Lumban Suhi Suhi Kecamatan Pangururan, Samosir)

Situmorang, Master Grand (2021) Peran Promosi Dalam Pengambilan Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Lumban Suhi Suhi (Studi Kasus Pada Desa Wisata Lumban Suhi Suhi Kecamatan Pangururan, Samosir). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif asosiatif yang berjudul Peran Promosi Dalam Pengambilan Keputusan Berkunjung Di Desa Wisata Lumban Suhi Suhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah diantara atau kedua promosi konvensional dan promosi non-konvensional memiliki hubungan terhadap keputusan berkunjung wisatawan serta untuk mengetahui apakah diantara variabel promosi konvensional dan promosi nonkonvensional terdapat hubungan yang lebih dominan terhadap keputusan berkunjung. Subjek penelitian ini adalah Desa Wisata Lumban Suhi Suhi yang berjumlah 70 responden. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan panduan skala likert, sedangkan variabel dependennya dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Lumban Suhi Suhi. Masing-masing variabel yaitu independen dan dependen kemudian diuji instrumennya dengan menggunakan analisis uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian, yang diperoleh mengenai peran promosi konvensional dan non-konvensional dalam pengambilan keputusan berkunjung terdapat hubungan yang positif antara promosi konvensional dan non-konvensional dengan koefisien korelasi masing-masing variabel yaitu promosi konvensional sebesar 0,700 dan 0,743 yang artinya nilai korelasi yang diperoleh termasuk dalam kategori tingkat hubungan besar atau kuat, yang dapat dilihat pada tabel interpretasi koefisien korelasi dengan rentang nilai 0,61-0,80 yang dimana nilainya mendekati angka 1 (satu). Nilai Uji t koefisien korelasi bernilai positif dan signifikan yang berarti terdapat pengaruh positif, karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu (X1) 3,232 > t tabel 1,667 dan (X2) 4,605 > t tabel 1,667 pada taraf signifikansi 5% (df=N-K ) = 70-2=68 yang berarti kedua variabel bebas tersebut direspon secara positif hal ini dibuktikan dengan didapatkan nilai yang signifikan yaitu 0,002 dan 0,000. Diantara kedua variabel bebas tersebut, variabel nonkonvensional memiliki nilai yang lebih dominan terhadap keputusan berkunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419200182
Uncontrolled Keywords: Promosi Konvensional, Promosi Non-Konvensional, Keputusan Berkunjung
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:37
Last Modified: 08 Mar 2023 01:37
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item