Pengaruh Promosi Terhhadap Pengambilan Keputusan Berkunjung di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Irpan, Muhammad (2021) Pengaruh Promosi Terhhadap Pengambilan Keputusan Berkunjung di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif asosiatif yang berjudul Peran Promosi Dalam Pengambilan Keputusan Berkunjung Di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah diantara atau kedua promosi konvensional dan promosi non-konvensional memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan serta untuk mengetahui apakah diantara variabel promosi konvensional dan promosi non-konvensional terdapat yang lebih dominan mempengaruhi keputusan wisatawan. Subjek penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat yang berjumlah 100 responden. Pemilihan sampel menggunakan teknik non random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan panduan skalalikert, sedangkan variabel dependennya dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Masing-masing variabel yaitu independen dan dependen kemudian diuji instrumennya dengan menggunakan analisis uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan yaitu denganan alisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis melalui uji F secara simultan dan uji T secara parsial. Berdasarkan hasil penelitian,, yang diperoleh mengenai peran promosi konvensional dan non-konvensional dalam pengambilan keputusan berkunjung terdapat hubungan yang positif antara promosi konvensional dan nonkonvensional dengan koefisien korelasi masing-masing variabel yaitu promosi konvensional sebesar 0,298 dan non-konvensional sebesar 0,703 yang artinya setiap peningkatan promosi kehandalan sebesar 1 (satu) satuan, maka akan meningkatkan keputusan berkunjung sebesar 0,298 dan 0,703 satuan dengan asumsi variabel independent lain nilainya tetap. Nilai Uji t koefisien korelasi bernilai positif dan signifikan yang berarti terdapat pengaruh positif, karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu (X1) 3,278 > t tabel 1,660 dan (X2) 6,745 > t tabel 1,660 pada taraf signifikansi 5% (df=N-K ) = 100-2=98 yang berarti kedua variabel bebas tersebut direspon secara positif hal ini dibuktikan dengan didapatkan nilai yang signifikan yaitu 0,001 dan 0,000. Diantara kedua variabel bebas tersebut variabel non-konvensional memiliki nilai yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan berkunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419200178
Uncontrolled Keywords: Promosi Konvensional, Promosi Non-Konvensional, Keputusan Berkunjung.
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:06
Last Modified: 08 Mar 2023 02:06
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item