Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang

Hikmah, Rezky Nur (2020) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth yang terdiri dari concern for others, expressing positive feeling, dan helping the company terhadap keputusan berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden dari seluruh populasi yang merupakan wisatawan yang pernah berkunjung ke Desa Iwsata Pujon Kidul. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Purposive sampling adalah cara pengambilan sampel yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan dalam penelitian ini yaitu responden merupakan pengunjung Desa Wisata Pujon Kidul dan sudah mengikuti (follow) akun instagram Desa Wisata Pujon Kidul. Instrument yang digunakan untuk menggali data-data responden atau sampel adalah bentuk angket dengan menggunakan skala likert. Adapun metode analisis data untuk menguji pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung menggunakan analisis regresi linear berganda yang mencakup uji simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2), dan uji parsial (uji T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji F yaitu Fhitung > Ftabel (56.909 > 2.31) dan nilai probabilitas < 0.05 (0.000 < 0.005). Sehingga dapat disimpulkan bahwa electronic word of mouth yang terdiri dari concern for others, expressing positive feeling, dan helping the company berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul. Bedasarkan hasil uji R2 diketahui nilai R2 sebesar 0.629 atau sebesar 62.90%. hal tersebut berarti variabel dari electronic word of mouth yang terdiri dari concern for others, expressing positive feeling, dan helping the company memberikan pengaruh sebesar 62.90% terhadap kpeutusan berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul. Didapat hasil pengujian uji T dengan penjabaran hasil bahwa variabel concern for others (X1) menunjukkan hasil Thitung > Ttabel (3.933 > 1.985) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Variabel expressing positive feeling (X2) menunjukkan hasil Thitung > Ttabel (3.392 > 1.985) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.001 < 0.05). Variabel helping the company (X3) menunjukkan hasil Thitung > Ttabel (4.278 > 1.985) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel concern for others (X1) bukan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung melainkan variabel expressing positive feeling (X2) yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419200185
Uncontrolled Keywords: electronic word of mouth, concern for others, expressing positive feeling, helping the company, keputusan berkunjung.
Subjects: Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:08
Last Modified: 08 Mar 2023 03:08
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item View Item