Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Dalam Upaya Mempromosikan Obyek Wisata Gua Rangko di Kabupaten Manggarai Barat

Ariyanti, Yuni (2021) Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Dalam Upaya Mempromosikan Obyek Wisata Gua Rangko di Kabupaten Manggarai Barat. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (309kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul Strategi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Dalam Upaya Mempromosikan Obyek Wisata Gua Rangko Di Kabupaten Manggarai Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat dalam mempromosikan obyek wisata Gua Rangko di Kabupaten Manggarai Barat, mendeskripsikan faktor pendukung kegiatan promosi pada Dinas Pariwisata, menganalisis faktor penghambat dan mendeskripsikan langkah yang ditempuh untuk mengatasi hambatan promosi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Kepala Seksi Strategi Pemasaran dan Brand Pariwisata. Hasil penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis SWOT dan menggunakan matriks SWOT untuk dapat menghasilkan beberapa strategi promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat dalam upaya mempromosikan obyek wisata Gua Rangko sebagai berikut :1) Strategi SO, yaitu Strategi yang dibuat berdasarkan pemanfaatan seluruh kekuatan yang dimiliki untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya yaitu mengoptimalkan kealamian Gua Rangko dan pantainya agar menjadi daya tarik tersendiri dan banyak diminati pengunjung; 2) Strategi WO, yaitu strategi yang meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang yaitu memanfaatkan potensi yang ada disekitar wisata pantai Gua Rangko seperti memanfaatkan lahan yang kosong yang ada di Gua Rangko untuk menjadi tempat parkir bagi pengunjung yang melakukan perjalanan darat; 3) Strategi ST, yaitu Strategi yang menggunakan seluruh kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman yaitu melengkapi rambu-rambu petunjuk jalan untuk keamanan bagi wisatawan yang menuju kelokasi Gua Rangko; 4) Strategi WT, yaitu strategi yang meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman yaitu meningkatkan fasilitas pendukung dan menatanya sesuai dengan standar yang berlaku agar membuat wisatawan nyaman dalam melakukan aktivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100474
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Pariwisata, Disparbud
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler
Economy > Marketing > Promotion
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:30
Last Modified: 08 Mar 2023 05:30
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item